cara ampuh hilangkan uban

Teknoflas.com – Teringat kisah Marie Antoinette berubah menjadi putih hanya semalam sebelum dia dihukum penggal, para peneliti yakin stres memiliki peranan yang penting dalam proses bertahap yang membuat warna rambut menjadi berubah. Umumnya, rambut perempuan mulai berubah menjadi uban saat berusia 35 tahun, sedangkan para pria terjadi di usia 30 tahun.

Walaupun demikian, hal tersebut tergantung pada gen dan kesehatan secara keseluruhan, dikutip dari Huffington Post. Ada yang menemukan uban di kepalanya saat masih duduk di bangku SMA, bahkan ada yang saat berusia 50-an tahun.

Namun, para peneliti masih belum mufakat mengenai keterkaitan stres yang dapat membuat rambut menjadi abu-abu. Jenis stres penyebab rambut berubah menjadi uban juga bukan stres biasa, melainkan stres kronis, seperti yang dialami Maria Antoinette akibat stres semalaman.

Universitas New York mempublikasikan penelitian di Nature Magazine yang menghubungkan antara stres jangka panjang dengan warna rambut pada tahun 2013. Peneliti menemukan bahwa hormon yang diproduksi sebagai respons terhadap stres dapat mengurangi melanocyte atau sel punca yang menentukan warna rambut. Peneliti menemukan stres yang menyebabkan sel punca meninggalkan folikel rambut kita sehingga membuat rambut jadi berubah putih.