download

Teknoflas.com – Obesitas telah menjadi masalah yang mendunia yang patut segera diselesaikan. Tidak hanya setiap masyarakat wajib memperhatikan obesitas sebagai gejala personal, namun pemerintah pun juga harus membuat langkah-langkah strategis untuk menyikapinya.

Parlemen Inggris kini mendesak pemerintah menyerukan sikap tegas tegas untuk menangani obesitas, khususnya pada anak. Langkah-langkah tersebut antara lain adalah pajak untuk minuman bergula serta kontrol atas promosi harga untuk ‘makanan dan minuman tak sehat’.

Komite Kesehatan di Parlemen menjelaskan mengenai takaran makanan yang jelas harus digunakan untuk menangani obesitas. Apalagi biaya pelayanan kesehatan yang dikelola negara mencapai 5,1 miliar poundsterling atau Rp106 triliun per tahun.

Komite mengatakan dalam laporannya bahwa harus ada kontrol kuat atas promosi harga makanan dan minuman tak sehat serta pajak minuman bergula. Seluruh hasilnya ditujukan untuk membantu anak-anak dengan risiko obesitas terbesar.

Kontrol yang kuat pada pemasaran dan iklan jenis makanan dan minuman tersebut wajib dilakukan. Labelnya pun musti menunjukkan kandungan gula dalam takaran sendok teh selain dalam takaran lain.

Sepertiga anak-anak lulus dari sekolah dasar dalam keadaan kelebihan berat badan atau obesitas,” ujar Sarah Wollaston, kepala Komite Kesehatan Inggris, seperti dil dikutip Reuters.

Asosiasi Medis Inggris mengusulkan kenaikan pajak sebesar 20 persen untuk produk minuman manis guna membendung konsumsi gula berlebih dan telah disepakati pada juli lalu. Usulan tersebut dilandasi laporan ilmiah berjudul ‘Food for Thought’ yang menyebutkan satu kaleng soda berukuran 330ml mengandung sembilan sendok teh gula.

Keberadaan pajak dianggap mampu memberikan dampak bagi para konsumen. Menurut laporan, pajak pada sejumlah kelompok makanan, seperti minuman manis, di Meksiko, terbukti mengurangi konsumsi.