cream foundation

Teknoflas.com – Menggunakan foundation ternyata tidak semudah yang diperkirakan. Salah penggunaan seringkali berakibat kulit wajah dapat memberikan kesan bahwa wajah menggunakan topeng. Kulit yang tak terhidrasi baik karena tertahan foundation pun bisa berubah kering dan kusam. Hal ini tentu menjadi hal yang menyeramkan bagi wanita.

Dilansir dari Women’s Health, penata rias selebriti asal New York, Sandy Linter, memberikan beberapa koreksi dari penggunaan foundation yang sering kali salah.

1. Warna

“Banyak wanita mencocokkan foundation dengan warna kulit namun tidak puas dengan hasilnya, misalnya menjadi terlalu terang,” ujar Linter. Sangat disarankan untuk menhgunakan tone warna yang lebih hangat dengan kuning ataupun kecoklatan. Pilihan warna ini sangat cocok untuk kulit yang terlihat ‘tua’ karena menjadikan lebih natural dan berkilau. Untuk kulit yang cukup gelap, jauhi warna bernuansa merah jambu karena menjadi terlalu kentara bila terkena cahaya.

2. Tebal

“Foundation dibuat untuk meningkatkan warna kulit atau untuk meratakan¬†warna kulit,” jelas Linter. Maka dapat disimpulkan bahwa tebal-tipis foundation yang digunakan malah akan memperlihatkan perbedaan warna lebih kentara. Sebagai gantinya, primer dan highlighter dapat menjadi solusi untuk meningkatkan penampilan atas perbedaan warna kulit.

3. Jenis Kulit

Penggunaan foundation sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit, tambah Linter. Untuk tipe kulit kering, foundation matte finished dapat menyumbat pori-pori. Namun, bentuk cair dapat memberikan kesan terlalu ‘becek’ pada kulit berminyak.

5. Menumpuk

Mayoritas orang menggunakan foundation secara merata kemudian menumpuknya dengan bedak sebagai bentuk riasan lain. Linter memberikan saran untuk menggunakan foundation seperlunya saja. Untuk area lain seperti di bawah mata, gunakan concealer.