Teknoflas.com – Tak lama lagi tahun 2015 segera berakhir, ada banyak kenangan tak terlupakan menyangkut kehadiran sejumlah smartphone android anyar dengan kualitas kamera jempolan. Siapakah yang paling jago menghasilkan foto tajam dan jernih..? Berikut lima ponsel yang harus anda ketahui!

image
Smartphone terbaik 2015 dengan kualitas kamera handal

1. Samsung Galaxy S6 Edge+

Kamera S6 Edge+ dilengkapi dengan OIS (optical image stabilization) dan VDIS (video image stabilization) untuk menghasilkan foto serta video bebas buram. Samsung juga membekali ponsel premium ini dengan kecepatan pemanggilan fitur kamera kurang dari sedetik dimana pengguna hanya cukup menekan tombol home dua kali.

S6 Edge+ juga dibekali sejumlah fitur keren seperti video collage, slow motion, fast motion hingga selective focus. Sayangnya, performa memotret di lingkungan gelap masih bisa dilampaui oleh pesaing dari merek lain. Terlepas dari kekurangan itu, Samsung Galaxy S6 Edge+ merupakan ponsel dengan kualitas kamera terbaik di 2015.

2. Nexus 6P

Ponsel android dengan kualitas kamera jempolan yang mampu mengabadikan gambar minim cahaya. Banyak ulasan memuji kamera Nexus 6P, apalagi mengusung HDR+ mode terbaik di kelasnya yang menghasilkan foto dengan hasil lebih menarik dibandingkan aslinya.

Sayangnya, Nexus 6P memiliki kekurangan OIS sehingga foto bakal buram jika tangan bergetar saat mengambil gambar. Dibandingkan pesaing lain di kategori premium, ponsel ini mengusung resolusi paling rendah, yakni 12.3 MP. Walaupun begitu, masih ada fitur dual-tone flash yang menghasilkan foto lebih alami.

3. Moto X Pure Edition

Ponsel android yang mengusung kamera resolusi 21MP dengan f/2.0 aperture lens dan dual-tone flash, sayangnya OIS mengecewakan. Berbicara soal kualitas warna foto, maka Moto X Pure Edition layak disandingkan dengan LG G4 atau Nexus 6P. Meski masuk kategori premium dengan kualitas kamera jempolan, ponsel ini dilego dengan harga terjangkau US$400.

4. LG G4

Banyak ulasan yang tak meragukan kualitas kamera LG G4, apalagi kemampuan mengambil foto minim cahaya. Pastinya, foto yang dihasilkan kamera depan dan belakang jauh lebih baik dengan dukungan software handal. Detil gambar yang dihasilkan dijamin bikin puas, terutama kebutuhan editing. Bagi penggemar foto selfie, LG G4 bisa merasakan langsung kehebatan kamera depan resolusi 8MP.

5. Sony Xperia Z5

Kemampuan autofocus Xperia Z5 sangat cepat, hanya memakan waktu 0.03 detik. Tak hanya itu saja, Sony turut pula menyertakan fitur video slow motion format 720p pada 120 frame per detik. Kualitas gambar dipastikan jernih dengan sedikit noise, semua berkat image stabilization software dan fast focusing.

Banyak ulasan menyebut Xperia Z5 sebagai ponsel android dengan kamera terbaik di tahun 2015. Adapun fitur yang paling digemari adalah lossless zoom, memungkinkan pengguna mengambil foto objek dengan zoom terdekat tanpa merusak kualitas foto yang dihasilkan.