Teknoflas.com – Sejumlah aplikasi android biasanya meminta izin pemilik smartphone untuk mengakses daftar kontak, mengirim pesan dan masih banyak lagi berkaitan dengan privasi. Tak hanya itu, ada pula aplikasi yang minta izin untuk mendeteksi lokasi pengguna bahkan terus aktif saat berpindah tempat sekalipun.

image
nonaktifkan fitur deteksi lokasi di android

Merasa terganggu dengan aplikasi yang mengusung fitur pendeteksi lokasi? Ada dua cara untuk menonaktifkan, yakni via sistem android atau aplikasi pihak ketiga.

Sistem android

Menonaktifkan fitur deteksi lokasi via sistem android tidak begitu sulit, cukup membuka ‘Settings’ dan menuju ‘More’. Pada ‘Permissions’, tekan arah on/off pada Location nanti permintaan perangkat terhubung data akan terhenti. Selain itu, pengguna juga bisa ganti lokasi pelaporan yang digunakan. Tekan Location lalu Mode, ada beragam mode bisa dipilih sesuai preferensi.

Jika melihat ke bagian bawah dari Location, ada daftar aplikasi yang meminta informasi lokasi. Pengguna bisa memilih sendiri aplikasi yang ingin dinonaktifkan agar tidak deteksi lokasi, tentu saja langkah ini bantu menghemat pemakaian data dan baterai.

Aplikasi pihak ketiga

Menonaktifkan fitur deteksi lokasi dengan cara manual via akses sistem android mungkin sedikit merepotkan bagi sebagian pengguna smartphone yang masuk kategori pemula. Oleh karena itu, gunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia gratis di Google Play yakni AppOps.

AppOps mengontrol deteksi lokasi yang dimiliki oleh sejumlah aplikasi. Ada banyak aplikasi sejenis AppOps dengan nama serupa, oleh karena itu pasang yang benar-benar asli. Usai terpasang, segera buka aplikasi dimana terpampang daftar aplikasi yang mengusung informasi lokasi.

Pengguna cukup menekan daftar nama aplikasi untuk menghentikan izin deteksi lokasi. Mudah banget, kurang dari semenit.