Teknoflas.com – Penampilan smartphone android bakal lusuh seiring tingginya waktu pemakaian. Jika tak punya uang untuk membeli ponsel baru, pertimbangkan empat langkah berikut ini yang bakal memperbarui penampilan ponsel secara interior dan eksterior. Apa saja yang bisa dilakukan?

image
Memperbarui smartphone android lama

1. Factory reset

Langkah pertama memperbarui perangkat android yakni factory reset. Performa ponsel akan kembali seperti sediakala saat pertama kali dibeli dan menyingkirkan segala permasalahan yang bikin perangkat bekerja tidak semestinya. Factory reset adalah kunci mengembalikan kondisi ponsel seperti sediakala, tetapi menghapus semua pengaturan dan data. Oleh karena itu, pastikan back-up data penting terlebih dahulu sebelum melakukan ini.

2. Root

Banyak hal yang bisa dilakukan pada ponsel android lawas, termasuk rooting. Jangan pernah takut melakukan hal ini selama mengetahui dan mengikuti proses yang sudah ditulis oleh para ahli. Panduan rooting tersebar bebas di internet, bahkan tersedia sesuai dengan tipe ponsel. Ada banyak keuntungan root, salah satu yang paling digemari yaitu kemudahan pemasangan custom ROM. Meski ponsel android jadul, tapi bisa mencicipi sistem android terbaru. Keren, kan?

3. Ganti tema

Tidak begitu sulit mengganti tema di ponsel android, ada begitu banyak pilihan tersedia di Play Store. Semua tema yang tersedia gratis di toko aplikasi resmi ternyata bebas pasang tanpa perlu repot melakukan rooting. Ganti tema menghadirkan suasana baru yang jauh lebih atraktif dibandingkan sebelumnya yang cenderung monoton. Untuk tema terbaik, disarankan pasang Buzz Launcher.

4. Ganti casing

Selain ganti suasana interior (factory reset, root dan ganti tema), pengguna juga dapat memperbarui tampilan eksterior dengan mengganti casing. Begitu banyak pilihan casing yang tersedia di internet, mulai dari beragam bentuk, warna dan bahan. Silahkan cek di eBay dan Amazon atau toko online yang ada di Indonesia.