Teknoflas.com – Google Play Store bekerja tidak semestinya karena beberapa hal sehingga terus mengalami crashing dan burning. Mengatasi hal tersebut tidak begitu sulit, cukup lakukan tiga langkah mudah berikut ini!

image
Cara bersihkan Google Play Store

1. Bersihkan cache

Menjaga ‘kebersihan’ Google Play Store tidak begitu sulit, cukup membersihkan cache. Seperti diketahui, cache menyimpan data sementara agar dapat mengambil data tanpa perlu memuat ulang alias reloaded. Untuk membersihkan cache, ikuti langkah berikut: Settings > Apps. Tap All > Google Play Store lalu tekan tombol ‘Clear Cache’.

2. Bersihkan data Play Store

Membersihkan data menumpuk pada Google Play Store memberi efek serupa seperti langkah nomer satu. Tidak begitu sulit untuk menghapus data, caranya mirip membersihkan cache. Untuk membersihkan data, ikuti langkah berikut ini: Settings > Apps > Google Play Store lalu tekan tombol ‘Clear Data’.

3. Bersihkan data & cache pada Google Play Services

Jika Google Play Store dikatakan sebagai jantung perangkat android, maka Google Play Services merupakan nyawa. Layanan ini bertujuan mengijinkan beragam aplikasi berkomunikasi dengan beragam bagian dari perangkat seperti kirim push notification, sync dan sebagainya. Untuk membersihkan data dan cache pada Google Play Services, ikuti langkah berikut ini: Settings > Apps > All > Google Play Services lalu tekan tombol ‘Clear Cache’.

Dengan mengikuti tiga langkah di atas, maka Google Play Store bebas dari crashing, burning dan lemot. Pemilik smartphone android bisa membuka toko aplikasi milik Google tersebut tanpa kendala apapun.