Teknoflas.com – Google Play Store perlu dioptimalkan agar bekerja lebih tepat guna tanpa hambatan atau kendala apapun. Berikut ini empat cara yang bisa ditempuh ke smartphone atau tablet yang mengusung android.

image
Mengoptimalkan Google Play Store

1. Uninstall pembaruan Play Store

Play Store secara rutin terus mengajukan pembaruan alias update. Meski bertujuan baik, ada kalanya pembaruan justru menghasilkan crash atau burn yang mengancam keselamatan perangkat. Agar tidak mengalami kejadian serupa, lakukan penghapusan atau Uninstall. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

a. Pergi ke Settings > Apps > Google Play Store lalu tekan tombol ‘Uninstall Updates’. Nantinya aplikasi bakal kembali ke versi original.

b. Selanjutnya mencari versi lama (namun masih baru) aplikasi Play Store untuk diunduh.

2. Install Google Play Services versi terbaru

Mengoptimalkan kinerja Google Play Store bisa dilakukan dengan memasang Google Play Services versi terbaru. Versi paling terbaru jauh lebih stabil dibandingkan yang lama, oleh karena itu pasang yang paling baru dan banyak tutorial yang menulis panduan untuk menginstal.

3. Reset akun Google di ponsel

Apabila aplikasi Google Play Store masih belum optimal dan memuaskan, disarankan untuk me-refresh akun Google di perangkat android. Untuk melakukan hal ini tidak begitu sulit, cukup me-remove akun dan menambahkan lagi. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut:

a. Pergi ke Settings > Accounts lalu tekan Google.

b. Tekan akun Google untuk me-remove, lalu diikuti dengan menekan menu ikon (tiga titik) di pojok kanan layar dan tekan Remove.

c. Selanjutnya pergi ke Settings > Accounts > Add Account > Google untuk mulai menambah akun lagi.

4. Aktifkan download manager

Play Store berhenti bekerja sebagaimana mestinya juga bisa disebabkan oleh download manager nonaktif. Mengatasi masalah ini tidak begitu sulit, cukup ikuti langkah sederhana berikut ini:

a. Pergi ke Settings > Apps / Application Manager > All > Download Manager.

b. Jika Download Manager dalam keadaan tidak aktif, segera aktifkan kembali dengan menekan tombol.