Teknoflas.com – Banyak penyebab mengapa koneksi Wi-Fi pada perangkat android berjalan lambat, salah satu kasus yang sering terjadi yaitu dipakai oleh orang lain tanpa izin dari pemilik jaringan. Artikel berikut ini memaparkan cara benar membagi jaringan Wi-Fi tanpa disusupi oleh orang lain.

image
Cegah pencurian koneksi Wi-Fi

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu memastikan perangkat terhubung dengan tepat pada koneksi Wi-Fi yang ingin dipantau. Selanjutnya mengunduh aplikasi pemantau jaringan yang tersedia dalam beragam pilihan di Google Play Store. Dari sekian banyak opsi, Fing merupakan aplikasi paling direkomendasikan.

Usai mengunduh aplikasi di perangkat android, segera buka lalu terpampang daftar nama jaringan. Dalam aplikasi Fing juga terdapat tombol Setting dan Refresh. Untuk melihat semua perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi, cukup tekan tombol refresh. Nantinya muncul daftar perangkat yang terhubung beserta sebuah indikator yang menyebut jenis perangkat, entah itu smartphone atau PC.

Tekan perangkat yang terhubung ke jaringan untuk melihat daftar opsi interaksi dengan perangkat, mulai dari Wake on LAN signals hingga sending pings. Pengguna juga dapat masuk ketika perangkat tersebut terhubung atau tidak dari jaringan.

Begini cara blokir pencuri koneksi Wi-Fi dengan Fing:

1. Jika salah satu perangkat yang terhubung sedikit mencurigakan, maka bisa dihilangkan. Fing memperlihatkan alamat MAC dari setiap perangkat ke dalam jaringan. Nantinya angka mengikuti format yang terdiri atas angka dan huruf seperti: ‘xx:xx:xx:xx:xx:xx’

2. Pada komputer yang terhubung ke router, masukan router IP ke browser kemudian masukan detil login router pada halaman selanjutnya.

3. Ketika sudah terhubung ke router, cari Security Options yang mungkin saja terletak pada Advanced Settings.

4. Pada bagian Security, klik MAC Filtering kemudian Add Device.

5. Masukkan alamat MAC dari perangkat yang ingin di blokir pada bagian MAC field, lalu berikan nama tertentu kemudian klik Apply, Save atau OK.

6. Ketika tengah berada dalam router, ada baiknya mengganti password Wi-Fi.

Demikian cara yang bisa ditempuh untuk memblokir pencuri koneksi Wi-Fi yang masuk tanpa izin.