Teknoflas.com – Dahulu cara paling mudah transfer file musik dari PC ke perangkat android yaitu menghubungkan keduanya dengan perantara kabel USB. Sekarang teknologi yang semakin canggih memudahkan proses perpindahan file tanpa memakai kabel apapun, semua berkat kehadiran sejumlah aplikasi untuk transfer musik, foto, video dan segala sesuatu dari komputer ke smartphone atau tablet android tanpa kabel.

image
Transfer file dari PC ke Android dengan Portal

Dari sekian banyak opso yang tersedia, salah satu yang paling direkomendasikan adalah Portal, sebuah alat baru berbasis web yang dikembangkan oleh Pushbullet. Portal memakai jaringan Wi-Fi lokal untuk transfer, artinya file ukuran besar dalam jumlah banyak bisa dikirim sekaligus. Dengan demikian bisa mengirim koleksi musik atau film favorit dengan begitu mudah. Tak hanya itu saja, Portal bahkan diklaim sebagai aplikasi transfer file tercepat dibandingkan pesaing lain.

Ingin mencicipi kehebatan Portal? Ikuti langkah-langkah berikut ini!

1. Download dahulu dari Google Play Store ke perangkat smartphone atau tablet.

2. Buka situs resmi Portal di perangkat PC lalu buka aplikasi yang baru saja terpasang di perangkat android dan scan kode terpampang di web.

3. Perkecil ukuran jendela browser di PC, kemudian ‘drag and drop’ jenis file apapun ke folder yang diinginkan. Nantinya aplikasi Portal segera mengirim semua file dari komputer ke perangkat android. Jika membuka web Portal dengan browser Chrome, maka lebih mudah mengunduh semua folder.

Keunggulan lain ditawarkan Portal adalah kemudahan transfer file secara langsung ke kartu microSD yang terpasang di perangkat android. Mengirim file ke microSD sangat mudah, cukup mengubah destinasi pengiriman file yang ada di bagian Settings. Pengguna juga dapat memilih destinasi folder untuk menyimpan gambar dan musik. Nantinya file gambar secara otomatis terkirim ke folder gallery sedangkan file musik terkirim ke folder musik. Jika ingin mengubah, cukup tentukan sendiri di bagian Settings.

Selain Portal, ada pula aplikasi alternatif yaitu Airdroid yang memungkinkan pengguna mengatur dan mengirim file dari PC ke Android, begitu pula sebaliknya.