Teknoflas.com – Google Play Store selalu menyimpan daftar perangkat yang dipakai untuk terhubung ke toko aplikasi. Daftar tersebut biasanya berisi nama perangkat yang masih ataupun tidak terpakai. Meskipun tidak berbahaya sama sekali, ada baiknya menghapus daftar perangkat yang tercantum di sektor ‘My Device’ agar terlihat lebih rapi.

image
Cara bersihkan My Device di Play Store

Perangkat android keluaran lama tidak bisa dihapus secara keseluruhan dari arsip Play Store, tetapi bisa disembunyikan sehingga tidak lagi muncul di daftar perangkat. Dengan demikian, pengguna bakal lebih mudah mengakses daftar, apalagi jika memiliki banyak perangkat android dalam beberapa tahun terakhir.

Lalu, bagaimana cara menghapus daftar perangkat ‘My Device’ di Google Play Store?

1. Buka Google Play Store via web browser dan klik ikon roda kecil yang ada di pojok kanan atas layar. Kemudian klik sub-menu bernama Settings.

2. Nantinya muncul laman ‘My Devices’ yang memperlihatkan semua daftar perangkat di Google Play Store, termasuk yang pernah dipakai untuk login. Dalam laman tersebut ada pula sedikit detil dari setiap perangkat.

3. Pengguna bisa memilih perangkat mana saja yang bakal tampil di menu dengan memberi tanda centang pada kotak di bawah Visibility.

4. Klik edit untuk memberi nama panggilan pada perangkat. Secara default, Play Store menyusun daftar perangkat dengan tulisan Unknown Device. Dengan memberi nama, maka bisa mengetahui jenis perangkat yang masih dimiliki alias digunakan.

5. Usai menuliskan nama perangkat, klik tombol ‘Update’ untuk menyimpan perubahan. Semua perubahan bersifat universal, jadi semua bakal dimasukkan pada properti Google.

Itulah lima langkah untuk membersihkan daftar perangkat di ‘My Device’. Sederhana sekali untuk membersihkan dan mengatur ulang pandangan Play Store sehingga lebih mudah mengakses dan menemukan perangkat yang sesuai.