Teknoflas.com – Sebagian orang enggan minum kopi karena takut mengalami susah tidur alias insomnia. Padahal ada segudang manfaat luar biasa yang diberikan dari secangkir kopi karena kaya kandungan antioksidan serta nutrisi penting lainnya yang baik untuk kesehatan seperti vitamin B, B2, B3, B5, potasium, mangan, magnesium, niacin dan kafein.

image
5 Keuntungan Rutin Minum Kopi

Dari semua kandungan di atas, manfaat kesehatan apa saja yang bakal dirasakan langsung oleh tubuh?

1. Dongkrak energi

Berdasarkan hasil penelitian, kafein mampu dongkrak fisik dan mental karena menyimpan energi besar. Senyawa ini juga memberi efek positif yang mendongkrak kinerja fisik dan konsentrasi.

2. Perangi depresi

Kopi mengandung sebuah senyawa antioksidan yang berfungsi sebagai anti depresan instan untuk dongkrak suasana hati dan hadirkan perasaan sukacita. Menurut penelitian para ahli, resiko depresi menurun drastis jika mengkonsumsi 2-3 cangkir kopi setiap hari.

3. Kurangi diabetes

Penderita diabetes tipe 2 tidak perlu takut mengkonsumsi kopi setiap hari. Justru berdasarkan penelitian, kopi mengandung asam klorogenat dan polifenol yang cegah serta menyeimbangkan gula para penderita diabetes.

4. Kurangi bobot

Keinginan ngemil dan mengkonsumsi makanan manis seringkali muncul di malam hari. Semua itu bisa dicegah dengan minum secangkir kopi pada sore hari. Seperti diketahui, kopi mengandung senyawa yang beri energi dan merangsang tubuh mengeluarkan panas untuk bakar kalori.

5. Penyehat jantung

Jika ingin menyehatkan organ jantung, jangan lupa minum kopi secara rutin setiap hari. Mengapa demikian? Kopi efektif mengurangi resiko gangguan kardiovaskular, bahkan menurut penelitian menurunkan resiko stroke hingga 20 persen.