Teknoflas.com – Banyaknya aplikasi berjalan di background kadang bertujuan baik bagi perangkat. Akan tetapi tak semuanya memberi imbas positif. Semakin banyak aplikasi berjalan di background, maka kinerja smartphone dan tablet semakin melambat. Jika ingin mengetahui dan menonaktifkan aplikasi yang berjalan di background, ikuti langkah singkat berikut!

image
Cara hentikan aplikasi berjalan di background

Cek aplikasi aktif di background

Jika ingin mengetahui aplikasi mana saja yang berjalan di background dan besaran daya yang dikonsumsi, maka sistem operasi Android telah menyediakan beragam opsi pengecekan terintegrasi sebagai berikut.

1. Aktifkan Developer Options dengan menuju ke Settings > About Device dan tekan ‘Build Number’ hingga muncul notifikasi telah mengaktifkan Developer Options.

2. Pergi ke Settings > Developer options > Process stats untuk melihat aplikasi apa saja yang berjalan. Tekan aplikasi mana saja untuk melihat jumlah RAM yang dipakai.

3. Pergi Settings > Battery lalu menekan aplikasi apa saja untuk melihat jumlah daya yang dipakai.

Cara nonaktifkan, hentikan dan uninstall aplikasi background

Jika ada sebuah aplikasi yang berjalan di background dengan mengambil jumlah daya dan RAM yang besar, maka tindakan pencegahan yang bisa dilakukan sebagai berikut:

1. Menonaktifkan dari App Manager dengan pergi melalui Settings > Applications > Application Manager lalu tekan aplikasi dan pilih Disable.

2. Dengan adanya pembaruan Android Lollipop, aplikasi bisa ditutup dengan menekan navigasi Recent Apps (letaknya disamping tombol home), kemudian sapu ke kanan atau kiri untuk menutup aplikasi yang baru saja berjalan.

3. Untuk menghapus aplikasi dari ponsel, pergi ke Settings > Applications > Application Manager, lalu menekan aplikasi dan menekan Uninstall.

4. Untuk menutup secara paksa alias Force Close, pergi ke Settings > Applications > Application Manager, sapu ke kanan menuju Running lalu tekan aplikasi dan tekan Force Stop.

5. Jika tak tahu aplikasi atau service apa saja yang harus dimatikan, maka lakukan dengan bijaksana.