Teknoflas.com – Samsung menyertakan beragam ringtone pada semua produk smartphone, namun tak semuanya memenuhi selera. Sejumlah pengguna tentu mendambakan ringtone dari acara TV atau lagu favorit. Lalu, bagaimana mengubah file MP3 menjadi ringtone pada Samsung Galaxy S6…?

image
ubah ringtone Samsung Galaxy S6

Cara memperoleh file MP3

Tak begitu sulit memperoleh file MP3, semua bisa diunduh langsung via internet. Bisa juga mengkonversi lagu yang ada di CD atau memakai software audio editor seperti Ringdroid. Keuntungan memakai audio editor memungkinkan pengguna menyunting file audio sesuka hati, entah itu memotong suara tertentu atau memasukkan elemen tambahan sehingga menjadi musik baru yang utuh

Bukan hanya file MP3 saja yang bisa dijadikan ringtone, Samsung Galaxy S6 juga mendukung format audio super lengkap yang bisa dijadikan nada suara seperti WAV, MP3, AAC, AAC+, MIDI, WMA, FLAC, OGG dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak format, justru MP3 yang paling populer untuk dijadikan ringtone.

Cara kirim file MP3 ke ponsel

Jika mengunduh langsung file MP3 dari internet ke smartphone, maka tak perlu lagi proses transfer dan siap pasang sebagai ringtone. Sementara proses transfer dari PC/Laptop ke perangkat Samsung Galaxy S6 tidak begitu sulit, cukup menggunakan software yang sudah dirancang khusus yakni Samsung Smart Switch.

Cara ubah MP3 jadi ringtone

Mengubah file MP3 jadi ringtone di Samsung Galaxy S6 tidak begitu sulit, seorang pemula awam juga bisa melakukannya. Usai mengirim atau mengunduh file audio yang diinginkan, segera menuju ‘Settings’ lalu cari dan tekan ‘Sound & Notification’. Langkah selanjutnya yaitu mencari Phone Ringtone bersamaan dengan nama dari ringtone yang sudah terpilih.

Tekan Phone Ringtone maka bermunculan daftar audio file yang tersedia di perangkat Samsung Galaxy S6, termasuk file yang baru disimpan atau transfer. Pilih salah satu untuk menjadi ringtone baru ponsel kesayangan. Mudah banget, kan?