Teknoflas.com – Semua orang mendambakan penurunan berat badan yang berdampak positif bagi kesehatan dan rasa percaya diri. Apapun alasan mengurangi bobot tubuh, pastikan mengusung pola hidup sehat. Seperti diketahui, mengurangi kelebihan berat badan bakal dongkrak kesehatan, memperbaiki kinerja jantung sekaligus mencegah resiko diabetes.

image
cara jadi sehat setiap hari

Menerapkan pola hidup sehat sehingga menjadi orang yang selalu fit dan langsing tidak begitu sulit. Ikuti saja lima langkah sederhana di bawah ini yang merupakan hasil studi para ahli.

1. Banyak tidur

Tingkatkan kualitas tidur dengan rentang waktu 7-9 jam yang menurut penelitian bakal memperbaiki ulang kondisi tubuh lelah dan capek di hari sebelumnya. Tidur cukup tanpa begadang tengah malam bantu terhindar dari kebiasaan buruk ngemil yang picu obesitas. Sebuah studi menyebutkan bahwa orang yang hanya tidur 5-6 jam lebih berpotensi kegemukan akibat asupan kalori lebih banyak dalam seharian. Kurang tidur meningkatkan kadar hormon ghrelin yang membuat tubuh terus lapar.

2. Kendali stres dan mental

Tingginya tingkat stres berdampak langsung pada peningkatan lemak yang menjadi pemicu sejumlah penyakit seperti jantung, kanker payudara wanita dan diabetes tipe 2. Stres dan depresi turut bertanggung jawab pada peningkatan nafsu makan dan kesulitan menjaga berat badan. Coba kendali stres dan kesehatan mental via olahraga, meditasi, teknik pernapasan, yoga hingga kualitas tidur. Untuk masalah kesehatan mental serius bisa minta bantuan dari tenaga profesional.

3. Stop soda, perbanyak air putih

Jangan minum soda terlalu banyak karena tak baik untuk kesehatan. Orang yang gemar minum soda lebih cenderung punya pinggang gemuk dan besar dibandingkan orang yang tidak suka minum soda. Tak hanya itu saja, peminum soda kelas berat lebih cenderung mengalami peningkatan berat badan yang berpotensi obesitas. Daripada meminum sesuatu tak bermanfaat, lebih baik minum air putih yang jauh lebih sehat.

4. Aktifitas fisik

Meningkatkan aktifitas fisik seperti olahraga bantu kurangi resiko penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan kanker. Tak cuma itu saja, olahraga bantu menguatkan tulang dan otot, usir stres serta dongkrak suasana hati alias mood. Studi menyebutkan bahwa meningkatkan aktifitas fisik bantu memperpanjang usia dan menjaga berat badan. Jika ingin hidup lebih sehat, jangan lupa meluangkan lebih banyak waktu untuk olahraga.

5. Sarapan dan makanan rumah

Tak ada yang lebih sehat dibandingkan menikmati sarapan dan makanan buatan sendiri di rumah. Memasak sendiri punya kebebasan untuk menentukan menu dan bahan makanan yang dipilih berdasarkan referensi dari majalah atau artikel kesehatan. Dengan kesadaran gaya hidup sehat yang tinggi, masakan yang dihasilkan tentu lebih rendah lemak dan kalori.