Teknoflas.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikenal publik sebagai sosok sederhana nan merakyat. Sebagai orang nomer satu Indonesia, ia selalu berusaha tampil apa adanya tanpa dandanan berlebihan. Dalam sejumlah kesempatan lebih senang mengenang kemeja putih dan celana hitam.

image
Samsung SGH-S366, ponsel milik Presiden Jokowi

Kesederhanaan Presiden Jokowi juga terpancar dari pemakaian telepon seluler alias ponsel. Meskipun pasar global semakin ramai dengan kehadiran merek dan model ponsel serba canggih, Jokowi tidak ikutan latah dibandingkan kalangan pejabat lainnya yang mulai ketagihan smartphone alias ponsel pintar.

Untuk masalah komunikasi via ponsel, Presiden Jokowi lebih menyukai perangkat yang lebih sederhana. Mantan Gubernur Jakarta itu tak bisa dipisahkan dari ponsel jadul merek Samsung, yakni tipe SGH-S366. Jokowi memang mengapresiasi kemajuan teknologi, namun tidak ikutan latah untuk mengganti perangkat komunikasi seluler.

Sebagaimana dilansir dari laman HanyaTauAja, Presiden Jokowi hanya mementingkan fungsi utama ponsel untuk memanggil/menerima telepon, kirim/terima sms. Ponsel Samsung SGH-S366 yang digunakan saat ini merupakan pembelian putra bungsu Jokowi untuk mengganti ponsel lama dengan seri serupa yang sudah usang, rusak dan baterai jebol. Ponsel tersebut dibeli dengan harga ringan di kantong, yakni sekitar 300 ribu rupiah.

Presiden Jokowi sudah jatuh cinta dengan Samsung SGH-S366, ia menyukai desain dan kemudahan pemakaian. Ponsel tersebut jelas bukan tandingan produk yang mengusung sistem operasi Android, iOS dan Windows Mobile. Berdasarkan hasil rekam jejak, SGH-S366 hanya dibekali Java, memori internal, bluetooth, mp3 dan kamera utama 1,3MP.

Samsung SGH-S366 saat ini sudah tidak diproduksi lagi, mungkin produk yang tersedia saat ini merupakan barang bekas. Entah bagaimana nasib Presiden Jokowi jika ponsel yang dipakainya saat ini rusak, apakah bakal memakai smartphone? Tidak begitu sulit memakai ponsel pintar, suatu saat orang nomer satu itu pasti bakal mengantonginya.