Teknoflas.com – Datangnya musim hujan banyak ditakuti oleh para pengendara sepeda motor, apalagi jika disertai kemunculan genangan atau banjir di sejumlah ruas jalan. Banyak kendaraan bermotor roda dua yang terpaksa mati mendadak karena masuknya air hingga ke bagian dalam mesin. Perawatan berkala merupakan solusi terbaik mengatasi beragam masalah mesin akibat air hujan.

image
Cara Rawat Sepeda Motor Di Musim Hujan

Sebenarnya merawat sepeda motor saat musim hujan tiba tidak begitu sulit. Ada sejumlah langkah yang harus diperhatikan dengan seksama meskipun tidak jauh berbeda dari perawatan saat musim panas.

Menurut penuturan Nanang Sutia selaku pegawai dari perusahaan distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat, ada sejumlah komponen safety dari kendaraan roda dua yang harus diperiksa dan diperhatikan dengan seksama seperti dilansir dari laman Otosia. Apa sajakah itu?

1. Roda

Jangan nekat berkendara di jalan yang bahas dan licin apabila roda ban sepeda motor sudah aus alias botak. Hal itu bisa mengakibatkan selip alias tergelincir karena roda ban tak mampu jaga keseimbangan. Segera ganti dengan ban baru jika ban lama sudah tak layak pakai. Disarankan memilih ban jenis kering-basah untuk memastikan tingkat keamanan saat berjalan di kondisi jalan apapun.

2. Rem

Kinerja rem saat musim hujan harus berjalan dengan baik, entah itu yang terpasang di depan dan belakang. Jangan ragu membawa sepeda motor kesayangan masuk ke bengkel untuk pemasangan rem baru yang lebih responsif, apalagi musim hujan membuat jalanan licin.

3. Lampu motor

Berkendara saat hujan turun lebat sangat berbahaya karena pandangan ke depan jadi terbatas. Guna menghindari hal-hal tak diinginkan, lampu motor harus dicek kondisinya. Lampu utama, sein, rem dan indikator harus menyala dengan baik tanpa gangguan apapun.

4. Rantai roda

Kondisi rantai roda harus dijaga baik yakni melumasinya dengan chain lube berkualitas agar tidak gampang kendor. Ketika rantai roda terkena hujan, maka wajib dicuci dengan air mengalir lalu lap sampai kering. Seperti diketahui, air hujan mengandung senyawa garam yang menyebabkan korosi lebih cepat pada komponen sepeda motor, termasuk rantai roda.