Teknoflas.com – Menu notifikasi android terkadang cepat penuh tanpa disadari dan mudah sekali untuk menghapusnya tanpa perlu mengecek secara seksama. Sejumlah orang langsung panik karena menghapus notifikasi secara tidak sengaja, padahal belum sempat mengecek yang mungkin saja ada sesuatu yang penting.

image
Cara Recover Notifikasi Hilang Di Android

Sebenarnya tak perlu panik ataupun risau ketika notifikasi tidak sengaja terhapus, ada trik manjur untuk mengembalikan semuanya. Ikuti saja langkah-langkah berikut agar notifikasi yang hilang bisa kembali lagi alias recover.

1. Tekan lama ruang kosong pada Home Screen Android kemudian diikuti dengan menekan Widgets.

2. Sapu ke kiri hingga menuju Settings Shortcut Widget.

3. Tahan lama widget hingga Home Screen muncul kemudian tarik itu ke Home Screen sesuai dengan pilihan.

4. Pada Settings Shortcut Menu, coba arahkan ke bawah dan tekan Notification Log.

5. Nantinya Notification Log Shortcut akan muncul di Home Screen. Cukup tekan itu dan anda akan memperoleh akses menuju catatan daftar notifikasi yang masuk ke ponsel kesayangan.

Ketika berada di Notification Log, maka ada dua perbedaan yang tampak jelas yaitu notifikasi aktif berwarna putih sedangkan notifikasi tertutup berwarna abu-abu. Boleh saja menekan notifikasi abu-abu jika ingin terlihat normal, nantinya bakal dibawa menuju asal dari notifikasi tersebut.

*Catatan: Notification Log untuk melihat notifikasi yang terhapus hanya tersedia pada Android 4.3 Jellybean atau seri di atas. Panduan pada artikel ini menggunakan Android Lollipop.