Teknoflas.com – WhatsApp merupakan aplikasi chatting populer yang digemari oleh sejumlah pengguna smartphone karena performa lebih ringan dan tampilan sederhana dibandingkan pesaing sejenis. Ada beragam fitur tersedia, salah satunya yaitu blokir akun atau nomer tak dikehendaki.

image
Mengetahui Akun WhatsApp Diblokir Orang Lain

Blokir merupakan salah satu cara agar tidak menjalin kontak atau dihubungi oleh pihak tertentu. Tidak begitu sulit melakukan hal ini, namun bagaimana cara mengetahui seseorang yang telah mem-blokir anda? Ikuti saja langkah-langkah berikut ini!

1. Periksa waktu ‘Last Seen’

Ketika membuka nama kontak, anda akan melihat ‘Last Seen’ di bagian atas. Jika tak ada informasi kapan terakhir online, mungkin saja akun atau nomer anda sudah kena blokir. Namun jangan langsung panik, belum tentu orang dalam kontak WhatsApp telah memblokir anda, mungkin saja itu dampak dari perubahan pengaturan demi privasi.

2. Periksa ‘Double Check’

WhatsApp mengusung fitur ‘Double Check’ alias tanda centang berganda sebagai tanda bahwa pesan telah terkirim dan masuk ke nomer bersangkutan. Tanda centang pertama berarti pesan sudah terkirim, tanda centang kedua berarti pesan sudah masuk ke ponsel bersangkutan, namun belum berarti sudah terbaca hingga akhirnya tanda centang ganda berubah warna jadi biru. Nomer WhatsApp anda mungkin sudah diblokir jika pesan hanya menampilkan tanda centang satu dan masih berwarna abu-abu.

3. Gagal nelpon

Sebagai salah satu aplikasi chatting populer, WhatsApp selalu hadirkan inovasi baru demi kepuasan pengguna. Kini sudah ada fitur telepon yang tidak menguras pulsa melainkan paket data internet. Untuk mengetahui nomer WhatsApp anda tidak diblokir oleh seseorang, coba telpon ke nomer WhatsApp bersangkutan. Apabila tidak diangkat hingga beberapa kali, mungkin saja nomer anda sudah kena blokir.

4. Perubahan foto profil

Jika selama berbulan-bulan seseorang tidak mengganti foto profil akun WhatsApp, mungkin saja anda sudah kena blokir. Namun metode ini belum pasti, mungkin saja orang tersebut memang malas ganti foto profil. Untuk mengetahui jawaban pasti, coba cek nomer WhatsApp bersangkutan melalui ponsel milik teman. Apabila muncul informasi profil dan foto yang jelas berbeda dari daftar kontak WhatsApp di ponsel anda, maka yang bersangkutan sudah memblokir.