Teknoflas.com – Rasa manis gula sulit hilang dari pola makan sehari-hari, seolah menjadi ketergantungan berbahaya yang wajib dibatasi atau dilenyapkan bila perlu. Mengapa demikian? Asupan gula berlebihan atau tanpa batasan wajar bakal dongkrak tumpukan kalori terpendam di dalam tubuh.

image
Atasi kecanduan asupan gula

Menurut hasil studi sejumlah penelitian, rasa manis gula turut berkontribusi pada obesitas dan peningkatan sejumlah masalah kesehatan seperti diabetes tipe 2, sakit jantung dan terbentuknya jenis sel kanker tertentu. Jika tak ingin terbaring sakit akibat kelebihan asupan gula, segera hentikan kebiasaan makan-minum yang manis.

Tak mudah mengusir ketergantungan gula, setidaknya bisa mengikuti lima langkah sederhana berikut!

1. Persiapan mental

Menghentikan kebiasaan makan-minum yang manis butuh persiapan mental setangguh baja. Jika tanpa keinginan kuat dari dalam diri, bakal sulit menahan segala macam godaan yang ada di lingkungan sekitar. Jangan pernah menjalani kegiatan ini secara terpaksa atau tidak bakal merasakan perubahan berarti.

2. Susun strategi

Kenapa orang suka makan minum yang manis? Jawaban ini harus diketahui serta dipelajari terlebih dahulu sehingga lebih mudah menyusun strategi untuk melawan keinginan mengkonsumsi gula. Tuliskan semua penyebab atau pemicu yang membuat anda ingin makan atau minum yang manis, kemudian cari solusi untuk mengatasinya tanpa harus mengkonsumsi gula. Dengan menyusun strategi kemudian diterapkan, maka kebiasaan sehat pun dimulai.

3. Puasa gula

Coba biasakan diri dengan berpuasa selama tiga hari dari segala macam makanan-minuman yang mengandung gula. Tidak mudah bagi tubuh ketika tak lagi mengkonsumsi makanan dengan pemanis alami ataupun buatan. Ketika berhasil melewati hari ketiga dan seterusnya, maka ada dampak hebat yang membuat tubuh tidak gampang kelaparan.

4. Belajar menguasai

Usai terbiasa dengan puasa gula, maka mulai belajar menguasai pemahaman hidup bebas gula untuk selamanya. Semua bisa diawali dengan membuat makanan-minuman bebas pemakaian gula, bahkan tak perlu menambahkan satu sendok teh. Selain itu, biasakan tubuh hanya memperoleh gula alami yang jauh lebih sehat seperti buah-buahan.

5. Fokus hal kecil

Menyusun pola hidup sehat dan menjalani semua sekaligus bukan strategi tepat. Sebaiknya fokus pada hal terkecil dahulu, kemudian berlanjut ke hal lain apabila sudah menguasai dengan baik. Merasakan dampak perubahan dari hal terkecil bakal memacu semangat untuk mencoba hal lain yang lebih besar. Dengan begitu rencana menghentikan kebiasaan asupan gula berjalan dengan baik.