laughing-man-and-woman

Teknoflas.com – Sudah menjadi rahasia umum bahwa laki-laki dan pria tentulah berbeda dalam segala aspek. Saking berbedanya, terbitlah perumpamaan akan asal kedua gender tersebut, pria dari mars dan wanita dari venus.

Sekalipun perumpaman-perumpamaan tersebut muncul, tetap saja wanita dan pria adalah individu yang sebenarnya tidak jauh berbeda. Keduanya hanya memiliki kekhasan sebagai pria maupun wanita. Menurut Anne Moir, seorang neuropsychologist dan penulis Brain Sex, bahwa wanita menggunakan pandangannya secara menyeluruh dan melihat lebih detil. Tidak demikian para lelaki menggunakan penglihatannya dalam melihat jarak.

Ya, memang wanita dan pria memiliki perbedaan. Terlepas dari itu, beberapa aspek berikut menjadi perdebatan antara dua jenis gender ini, yakni:

1. Sentuhan
Moir mengungkapkan bahwa sensitifitas wanita terhadap kelembutan lebih tinggi dua kali lipat dibandingkan pria. Hal tersebut tercantum dalam Journal of Neurosciences pada tahun 2009.

Penelitian pada 2009 yang tercantum dalam the Journal of Neurosciences menemukan fakta bahwa perempuan memiliki sensitifitas terhadap kelembutan lebih tinggi dibandingkan pria.

2. Pendengaran
Ternyata, normal saja jika wanita sering merasa tidak didengarkan oleh para kaum adam. Karena pria memiliki risiko kehilangan pendengaran lima setengah kali lebih tinggi dibandingkan para wanita. Namun, belum terdapat penjelasan ilmiah terkait hal tersebut. Diperkirakan perbedaan kemampuan mendengarkan akibat dari gaya hidup di sekitarnya seperti rokok dan kebisingan.

Dilansir dari Daily Mail, Peneliti menemukan bahwa wanita mulai mengalami kemunduran pendengaran ketika menginjak usia 37, sedangkan pria pada usia 35. Penelitian lain mengungkap bahwa perempuan memiliki kemampuan mendengar hingga frekuensi di atas 2000 Hz, setara dengan burung berkicau. Sedangkan laki-laki memiliki kemampuan yang lebih rendah.

3. Penciuman
Jangan salahkan para wanita jika mereka lebih mudah mencium sesuatu. Karena, mereka memiliki 43 persen sel dan 50 persen neuron lebih banyak dibandingkan laki-laki, yang berkaitan dengan aroma atau bau-bauan. Kemampuan ini dikhususkan ketika mengendus aroma tubuh lawan jenis.

4. Berbicara
Kecerewetan wanita yang lebih ternyata disadari oleh para peneliti. Seorang wanita yang cerewet dapat berbicara 25 ribu kata sehari, dan dapat berbicara dengan kecepatan 250 kata dalam satu menit. Hal ini menurut Gary Smalley, penulis ‘Making Love Last Forever’. Sedangkan seorang pria, rata-rata hanya berbicara 12 ribu kata dalam sehari, dengan kecepatan 125 kata per menit.

5. Mengingat
Jika wanita selalu dikatakan sebagai makhluk paling mudah move on, pada dasarnya mereka memiliki keahlian yang tinggi terkait mengenang. Dalam sebuah tes yang dilakukan Feisal Subhan, pengajar biomedis di Plymouth University menunjukkan bahwa wanita memiliki performa lebih baik dalam tes memori dalam kegiatan mengingat, ataupun memberitahu sesuatu.