Teknoflas.com – Ada sejumlah persiapan yang harus dilakukan wanita saat menginjak usia 40 tahunan, mulai dari makan sehat hingga rutin olahraga. Dengan menggabungkan gaya hidup sehat dan konsumsi makanan bergizi maka tubuh terhindar dari peningkatan resiko penyakit akibat penuaan.

image
cara wanita sehat di usia 40 tahunan

Berikut ini lima cara wanita tetap sehat bugar di usia 40 tahunan untuk melawan penuaan melalui sejumlah perubahan pola makan.

1. Diet terencana

Cara sukses menjaga berat badan yaitu menerapkan rencana pola makan sehat dan terus menjalaninya seumur hidup. Makan sehat termasuk banyak konsumsi sayuran dan buah, lemak sehat, protein, kalsium dan minum air. Disarankan perbanyak konsumsi makanan segar dan tanpa proses kimia. Kurangi asupan lemak jenuh tak sehat dan tingkatkan makanan kaya kalsium seperti kacang putih, bayam dan produk susu rendah lemak. Agar perut tidak mudah lapar dan kekurangan energi, disarankan mengkonsumsi makanan rendah glycemic.

2. Makanan berenergi

Lebih baik konsumsi makanan atas kebutuhan energi, bukan kesenangan semata. Boleh saja mengkonsumsi makanan yang disukai seperti junk food, namun hanya sesekali saja dan bukan rutin setiap hari. Memang bukan hal gampang menyingkirkan makanan disukai untuk diganti dengan yang lebih sehat dan kaya energi, namun jika berhasil dilakukan maka hidup di usia 40 tahunan terasa lebih baik dari segi kesehatan.

3. Hindari makanan manis

Godaan terbesar dalam hidup masyarakat modern yaitu tak bisa menghindari ‘panggilan’ makanan manis. Walaupun rasanya sangat menyenangkan lidah, namun tanpa kendali asupan yang tepat bakal meningkatkan berat badan berpotensi pada obesitas dan diabetes. Jika tak bisa menahan keinginan mengkonsumsi makanan manis, ambil saja satu apel atau jenis buah apapun sebagai pengganjal perut lapar. Buah-buahan mengandung gula alami yang jauh lebih baik ketimbang gula olahan.

4. Makanan picu pra-menopause

Ketika wanita memasuki usia 40 tahunan terjadi perubahan kadar hormon di dalam tubuh yang disebut sebagai periode pra-menopause. Ada sejumlah keluhan yang dihadapi wanita pada periode tersebut seperti hot flash, haid tak teratur, penurunan libido hingga perubahan suasana hati. Kenali gejala pra-menopause dan mulai ubah pola makan sehat dengan mengurangi asupan makanan pedas, panas serta tidak minum alkohol dan kafein.

5. Rencana & persiapan

Semua rencana bakal sia-sia tersusun jika tak ada persiapan untuk melaksanakan. Susun semua persiapan dengan matang, mulai dari makanan hingga membuang segala macam pemicu yang dapat menggagalkan rencana. Dengan persiapan matang, maka segala rintangan bisa diatasi sebaik mungkin apalagi saat lapar datang menyapa.