Teknoflas.com – Facebook merupakan salah satu sosial media paling populer dengan jumlah pengakses tertinggi dari versi mobile. Saat ini makin banyak pemilik smartphone android yang mengakses akun Facebook via aplikasi resmi milik sosmed buatan Mark Zuckenberg tersebut.

image
5 aplikasi alternatif akses Facebook

Sayangnya, aplikasi ‘Facebook for Android’ memiliki sejumlah kelemahan yang bikin beberapa pengguna merasa kurang puas lalu mencari pengganti lain. Sejauh ini ada lima aplikasi alternatif yang paling direkomendasikan sebagaimana dilansir dari laman Androidpit.

1. Fast for Facebook

Pengguna diberi kebebasan memilih desain layout sesuai keinginan, baik dari segi ukuran hingga skema warna. Beragam pilihan siap memanjakan selera, apalagi dilengkapi fitur yang bikin akses Facebook semakin seru. Berdasarkan hasil ulasan pengguna, aplikasi Fast for Facebook mengusung keunggulan pada penampilan gambar, meski sedikit masalah ketika menampilkan gambar ukuran resolusi tinggi.

2. Friendcaster

Aplikasi alternatif populer untuk mengakses Facebook karena mengusung desain layout dan tombol modern, tidak butuh waktu lama agar terbiasa memakainya karena semua fungsi normal pada aplikasi standar juga ditemukan pada Friendcaster. Walaupun menawarkan keunggulan yang jauh lebih baik ketimbang ‘Facebook for Android’, pengguna Friendcaster bakal sedikit terganggu dengan keberadaan tayangan iklan.

3. Seesmic

Tak hanya untuk mengakses Facebook, namun sosial media beken Twitter. Walaupun ikon aplikasi bergambar kartun, namun tampilan antarmuka sangat profesional. Seesmic menampilkan postingan Facebook secara minimalis, malahan harus ditekan untuk membaca postingan secara lengkap. Secara keseluruhan aplikasi ini sangat cocok untuk pengguna yang hanya ingin baca postingan berbentuk tulisan ketimbang gambar atau video.

4. Flipster for Facebook

Aplikasi ini sedikit mencontek fitur slide-in gestures milik Fast for Facebook, namun kurang begitu sempurna. Bila dibandingkan tiga pilihan sebelumnya, Flipster tidak jauh lebih baik tetapi dibekali fitur lebih lengkap dibandingkan aplikasi standar Facebook for Android. Dari segi desain tampilan, tentu jauh lebih nyaman ketika diakses.

5. Klyph for Facebook

Dibanding empat aplikasi alternatif di atas, Klyph for Facebook mungkin tidak begitu populer namun mengusung tampilan antarmuka cantik dan baru. Semua ditampilkan secara rapi dan minimalis, layar utama atau main screen menampilkan news feed, menu di bagian kiri dan notifikasi di drag dari kanan.