Teknoflas.com – WhatsApp terus menghadirkan sentuhan inovasi baru demi memuaskan hasrat para pengguna setia. Agar chatting lebih seru dan menarik, pengguna bisa melihat langsung fitur status, foto profil dan last seen untuk mengetahui waktu terakhir aktif si lawan bicara. Semua fitur tersebut memang sangat berguna meski sedikit mengumbar privasi.

image
Cara sembunyikan status, foto profil & last seen WhatsApp

Memang tidak ada salahnya mengumbar privasi seperti status, foto profil dan last seen kepada orang lain, namun setidaknya bisa memberi batasan kepada siapa saja yang berhak untuk melihatnya. Untung saja pihak developer WhatsApp paham sekali dengan keinginan sederhana ini, kemudian menyertakan sejumlah opsi untuk melindungi privasi dari pihak-pihak yang tak dikehendaki.

Berikut ini cara menyembunyikan status, foto profil dan last seen di WhatsApp sebagaimana dilansir teknoflas.com dari laman TMW.

1. Buka aplikasi WhatsApp yang terpasang di smartphone atau tablet. Tekan ikon ‘Options’ yang ada di pojok kanan atas.

2. Buka Settings, temukan Account lalu menuju Privacy.

3. Coba lihat opsi Last seen, Profile photo, and Status. Pengguna bisa menentukan sendiri cara penampilan privasi sesuai dengan keinginan, ada tiga pilihan yakni ‘Everyone’, ‘My contacts’ atau ‘Nobody’. Everyone untuk semua orang, My contact untuk pengguna WhatsApp yang ada di daftar kontak sedangkan Nobody untuk pemblokiran privasi tanpa pandang bulu.

Masing-masing opsi privasi memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Sebaiknya mengaktifkan pilihan ‘My contacts’ yang hanya mengijinkan orang-orang dalam daftar kontak untuk melihat status, foto profil dan last seen. Pilihan tersebut juga memastikan keamanan pengguna saat bergabung di grup besar tanpa mengenali anggota lain.

Bagi pengguna yang memiliki sifat tertutup, boleh saja mengaktifkan opsi ‘Nobody’ agar orang-orang (baik di daftar kontak) tak bisa melihat status, foto profil dan last seen demi menjaga privasi.