Teknoflas.com – Hampir semua smartphone dibekali memori internal 16GB atau 32GB. Akan tetapi semua terasa masih kurang jika ingin menyimpan beragam file seperti game, video, foto hingga musik. Oleh karena itu, produsen membekali slot memori eksternal yang bisa dipasang dengan kartu microSD.

image
cara pilih kartu microSD untuk perangkat android

Kini kartu microSD punya peran penting tak tergantikan bagi pengguna smartphone. Walaupun demikian, ada baiknya mempelajari lebih lanjut karena beragam model tersedia di pasaran dengan fitur dan harga berbeda-beda. Kartu microSD dapat diklasifiksikan menurut kapasitas dan kecepatan transfer data.

Dalam hal kecepatan transfer data, kartu microSD terbagi menjadi beberapa kelas (class) seperti 2, 4, 6 dan 10, dengan tambahan UHS 1 dan 3. Berikut ini perbandingan kecepatan transfer data untuk setiap kelas:

UHS 3: Kecepatan transfer data tingkat atas mencapai 30 MB/s yang mampu rekam video format 4K dan 2K.

UHS 1: Kecepatan transfer data tingkat menengah mencapai 10 MB/s yang mampu rekam video format HD, Full HD dan pemotretan secara terus-menerus.

CLASS 10: Kecepatan transfer data tingkat atas mencapai 10 MB/s yang mampu rekam video format HD, Full HD dan pemotretan secara terus-menerus.

CLASS 6 : Kecepatan transfer data tingkat menengah mencapai 6 MB/s yang mampu rekam video format HD dan Full HD.

CLASS 4: Kecepatan transfer data tingkat menengah mencapai 4 MB/s yang mampu rekam video format HD dan Full HD.

CLASS 2: Kecepatan transfer data tingkat menengah mencapai 2 MB/s yang mampu rekam video format HQ.

Bagaimana cara pilih kartu microSD terbaik?

Sebenarnya tidak begitu sulit memilih kartu microSD terbaik untuk perangkat android kesayangan. Ada dua kriteria yang perlu dipertimbangkan, yakni kapasitas dan kecepatan transfer data. Jika hanya untuk menyimpan dokumen dan musik, kartu kapasitas 8 atau 16 GB dirasa sudah cukup memenuhi kebutuhan. Bila ingin menyimpan video dan foto selain dokumen dan musik, maka butuh kapasitas lebih besar lagi. Sesuaikan kebutuhan dengan dana yang tersedia, semakin besar kapasitas maka semakin mahal.

Sekarang membahas dari aspek kecepatan transfer data. Jika ingin memasang aplikasi di kartu memori, maka disarankan membeli yang memiliki kemampuan baca cepat seperti Class 10. Bila ingin merekam video format HD atau Full HD, Class 6 sudah sangat oke. Tidak disarankan membeli kartu microSD Class 2 karena kecepatan transfer data sangat lambat, lebih baik memilih Class 4 atau versi atasnya.