Teknoflas.com – Musim hujan selalu diiringi kehadiran banjir di sejumlah ruas jalan yang berpotensi menyebabkan sepeda motor matik mogok bila nekat menerjang. Air banjir yang cukup tinggi bakal mudah memasuki saringan udara motor yang secara otomatis mengancam kondisi mesin.

image
Cara Perbaiki Motor Matik Mogok Kena Banjir

Jika motor matik kesayangan terpaksa menerjang air banjir, setidaknya ada delapan langkah yang bisa dilakukan oleh sang pemilik demi mengantisipasi kerusakan mesin seperti diungkap Ridwan Arifin, perwakilan Service & Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), kepada laman Otoasia. Apakah itu?

1. Ketika motor matik mogok usai menerjang banjir, jangan langsung di starter atau kick starter yang justru menyebabkan pembengkokan pada connecting rod.

2. Sebelum motor matik di starter, coba lepaskan busi terlebih dahulu. Usai melepas busi, langkah selanjutnya adalah motor di starter untuk mengeluarkan air yang tersimpan di ruang bakar. Nantinya air di knalpot akan keluar lewat lubang pembuangan air.

3. Kuras oli mesin dan ganti filter oli guna memastikan oli di dalam mesin tak tercampur air. Oli yang tercampur air memiliki penampilan seperti susu. Lakukan pengurasan hingga oli tak mengandung air sama sekali.

4. Cek bagian box filter udara, pastikan tidak ada air sama sekali. Apabila kondisinya sudah darurat, ganti saja filter udara lama dengan yang baru.

5. Ruang CVT harus bebas air. Oleh karena itu, lepas selang indicator atau selang pembuangan CVT yang ada di bagian bawah dan lepas filter CVT. Pastikan ruang CVT selalu kering agar area tidak berkarat dan terjadi selip pada belt CVT.

6. Oli gear transmisi tidak boleh tercampur air, oleh karena itu pastikan oli mesin sudah dikuras bebas dari air. Jika bagian oli transmisi sudah tercampur air, tak diperiksa atau kuras maka bagian gear ratio muncul suara mendengung.

7. Segera lakukan perawatan dengan membersihkan dan mengeringkan busi. Apabila kondisinya sudah usang, lakukan pergantian. Selanjutnya bersihkan karburator, lakukan penyetelan klep dan segala jenis tune up.

8. Apabila motor matik kesayangan sudah nyala seperti sediakala, ambil kompresi gauge untuk mengecek kompresi. Hal ini sengaja dilakukan demi mengantisipasi kebocoran kompresi pada mesin motor.