Teknoflas.com – Saat ini menghabiskan liburan ke luar negeri semakin mudah dan cepat berkat kehadiran sejumlah maskapai pesawat terbang. Sayangnya tak semua orang bisa menempuh perjalanan dengan perasaan santai saat menaiki si burung besi, khusus para penumpang pemula.

image
Tips Naik Pesawat Ke Luar Negeri Bagi Pemula

Apabila belum pernah ke luar negeri dengan menumpangi pesawat terbang, berikut empat tips yang bisa dilakukan oleh penumpang pemula agar melalui pengalaman pertama tanpa rasa cemas.

Pesan tiket lebih awal

Kini memperoleh tiket pesawat tidak perlu langsung pergi ke bandara untuk antri di loket pemesanan. Pengguna bisa melakukan pemesanan via online, entah itu laman situs resmi maskapai penerbangan ataupun travel agent. Keuntungan pemesanan online yaitu boleh beli tiket pesawat untuk tanggal lebih awal, bahkan memperoleh potongan harga menarik saat promo tertentu. Oleh karena itu, jangan malas akses laman situs resmi semua perusahaan maskapai penerbangan yang ada di Indonesia demi tiket murah.

Check In

Jika sebelumnya tak pernah menempuh perjalanan ke dalam atau luar negeri dengan pesawat terbang, maka wajib mengetahui apa itu check in. Usai memesan tiket pesawat, nantinya calon penumpang bakal memperoleh boarding pass (tiket pesawat) usai menukar kode booking. Ketika melakukan check in, penumpang bakal mengeluarkan biaya tambahan di luar tiket seperti tax airport (pajak bandara). Besarnya pajak bandara tergantung tempat dan jenis maskapai, oleh karena itu selalu siapkan dana untuk biaya tak terduga.

Pemeriksaan imigrasi

Berbeda dari penerbangan dalam negeri atau lokal, calon penumpang luar negeri harus melewati proses imigrasi. Oleh karena itu, pastikan tak ketinggalan membawa paspor yang nantinya bakal diperiksa petugas via scan. Petugas segera mencocokkan wajah calon penumpang dengan foto paspor. Nantinya buku paspor diberi cap stempel keberangkatan jika semua sesuai prosedur.

Tata cara duduk

Usai melewati semua proses dan naik ke dalam pesawat, segera cari tempat duduk sesuai tiket. Taruh semua barang bawaan di tempat penyimpanan yang sudah tersedia, letaknya di atas kursi duduk penumpang. Pramugari akan menyampaikan sejumlah instruksi yang harus dipatuhi penumpang sebelum pesawat lepas landas, baik dari pemakaian sabuk pengaman hingga larangan menyalakan ponsel.

Dengan mengikuti semua tips di atas, maka menempuh perjalanan ke luar negeri dengan pesawat terbang jauh lebih menyenangkan khususnya bagi seorang penumpang pemula sekalipun.