Teknoflas.com – Virus dan malware masih menjadi ancaman terbesar bagi pengguna Android di seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu disarankan pasang aplikasi antivirus dan mobile security guna mengantisipasi kejadian tak terduga. Play Store punya banyak koleksi aplikasi untuk melindungi keamanan data dari trojan atau pencurian, ada beberapa rekomendasi di tahun 2016 yang menawarkan keunggulan hebat.

image
Aplikasi Antivirus Android Terbaik 2016

Berikut ini delapan aplikasi antivirus dan mobile security terbaik 2016 yang tersedia di Google Play Store.

1. CM Security

Inilah aplikasi peraih gelar perlindungan malware terbaik di perangkat android yang menawarkan kecepatan dan komprehensif. CM Security merupakan produk unggulan dari Cheetah Mobile yang selama ini dikenal sebagai developer kredibel untuk platform android berkaitan dengan perlindungan dari scam.

2. 360 Security – Antivirus

Aplikasi antivirus paling populer di android yang melindungi data dan rutin update. Setiap penginstalan wajib melalui ‘360 real-time protection’ sebelum aplikasi benar-benar terpasang di smartphone. Selain basmi virus, pengguna juga bisa mencicipi fitur tambahan seperti pembersih junk file, memori RAM dan hemat baterai.

3. Kaspersky Internet Security

Kaspersky Internet Security sudah punya nama besar di kalangan pengguna PC. Kehadiran aplikasi ini di Android tidak jauh berbeda, tetap handal menghadang phishing atau pencurian data walaupun memakai versi gratisan. Bila ingin menjajal versi premium, pengguna cukup bayar US$14.95 per tahun.

4. Malwarebytes Anti-Malware

Aplikasi yang fokus pada kemudahan pemakaian dibandingkan kaya fitur. Pengguna bisa mencicipi anti-malware protection, privacy manager dan pemindaian aplikasi mencurigakan yang terpasang di smartphone. Malwarebytes Anti-Malware selalu terdepan dalam perlindungan kecurian data di perangkat android.

5. AVL

Aplikasi security efisien dengan tampilan antarmuka terbaik. Meskipun tidak dibekali fitur anti-theft canggih seperti milik aplikasi sejenis, perlindungan dasar AVL tidak akan menguras baterai dan mengurangi performa smartphone. Secara keseluruhan, aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk perangkat android kesayangan.

6. AVG Antivirus Security

Aplikasi gratisan yang melindungi smartphone dari beragam jenis virus, aplikasi mencurigakan dan spyware. Nantinya semua aplikasi yang terpasang bisa dipindai, begitu juga dengan file. Tak hanya itu saja, ada pula fitur menutup aplikasi yang memperlambat performa atau kuras baterai smartphone.

7. Norton Security Antivirus

Aplikasi gratisan yang memblokir dan menghilangkan malware. Jika ingin merasakan pelayanan terbaik disarankan membayar versi premium. Ada beragam fitur keren seperti remote locking and Sneak Peak, yang bakal memfoto secara otomatis orang yang memakai perangkat tanpa izin atau mencuri. Selain itu pengguna juga bisa mencicipi App Advisor yang secara otomatis memeriksa aplikasi beresiko tinggi, boros baterai dan mencurigakan.

8. Avast! Antivirus & Security

Avast! Antivirus & Security secara otomatis memindai aplikasi yang baru saja terpasang di smartphone, begitu pula konten ataupun aplikasi yang tersimpan di kartu memori eksternal. Selain itu pengguna juga bisa menikmati SMS/call filtering, pemblokiran, pencurian, GPS tracking, siren alert, remote lock dan wipe options hingga notifikasi jika seseorang berniat mencabut keluar kartu SIM dari perangkat android. Sementara fitur lain yang bisa dinikmati seperti firewall, network meter dan web shield.