Teknoflas.com – Salah satu penyebab obesitas atau kegemukan yaitu ketidakmampuan seseorang mengendalikan rasa lapar berlebih. Banyak orang merasa selalu lapar sehingga berkeinginan melahap makanan dalam porsi besar. Padahal itu merupakan pemicu naiknya berat badan secara tidak terkendali. Adakah cara mengatasinya?

image
7 Trik Atasi Rasa Lapar Berlebih

Apakah anda selalu lapar meski sudah makan tiga kali sehari? Berikut ini tujuh trik mengatasi rasa lapar berlebih yang mendongkrak berat badan alias obesitas.

1. Kunyah pelan-pelan

Beragam studi menyebut penderita obesitas kerap mengkonsumsi makanan dengan cepat, bahkan tak banyak mengunyah. Sebaiknya ubah kebiasaan makan dengan mengunyah lebih lambat sekitar 30 detik atau lebih sebelum kembali menggigit makanan. Mengunyah lebih lambat bakal menurunkan hormon lapar gherkin dan dongkrak kadar hormon penekan selera makan cholecystokinin.

2. Matikan layar

Banyak orang doyan makan sambil mata menatap TV ataupun gadget. Padahal studi terbaru American Academy of Sleep Medicine menyebut tindakan tersebut justru meningkatkan rasa lapar dan resistensi insulin. Tak hanya itu saja, menatap layar sebelum tidur bakal menghilangkan kantuk dan berakhir dengan begadang yang justru dongkrak rasa lapar.

3. Tingkatkan waktu tidur

Studi American Journal of Clinical Nutrition menyebut orang kurang waktu tidur dari tujuh jam per malam lebih mudah merasa kelaparan. Tak heran tubuh selalu merasa lapar dan ingin mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar. Jika tak ingin mengalami hal serupa, pastikan tubuh istirahat tujuh hingga sembilan jam per malam.

4. Utamakan minum

Ketika tubuh merasa lapar, seseorang cenderung mengisi perut dengan makanan ketimbang minum air terlebih dahulu. Oleh karena itu, minum air terlebih dahulu sebelum makan demi menekan rasa lapar berlebih dan potensi ambil porsi besar. Trik ini sudah sering diterapkan oleh pelaku diet.

5. Sikat gigi

Trik ini mungkin sedikit aneh dan tidak diduga sebelumnya. Jika rasa lapar mulai melanda perut, coba atasi dengan menyikat gigi. Pasta gigi mengandung mint segar yang membersihkan mulut dan menyegarkan nafas, secara otomatis bakal mempengaruhi keinginan untuk menekan rasa lapar

6. Cari dukungan

Memang tak mudah mengatasi rasa lapar berlebih yang memicu obesitas. Anda tak bisa menjalankan agenda ini sendirian tanpa adanya dukungan dari orang lain. Sebaiknya beritahu orang lain terkait misi yang tengah dijalankan, minta dukungan agar lebih semangat menjalaninya dan tak mudah tergoda dengan rasa lapar.

7. Laksanakan tugas

Menghentikan kebiasaan ngemil tidak begitu sulit, cukup memperbanyak kegiatan bakar kalori dalam jumlah kecil seperti menekuni hobi, menyapu, cuci mobil dan sebagainya. Dengan terus sibuk hingga jelang waktu tidur malam, keinginan mulut mengunyah cemilan bisa ditekan alias teralihkan.