Teknoflas.com – Tidak baik meninggalkan sepeda motor dalam waktu lama, apalagi mesin tak pernah lagi dipanaskan selama berbulan-bulan. Apabila sudah lama tidak ditunggangi, kendaraan roda dua ini sulit nyala dan sejumlah komponen berpotensi mengalami kerusakan fatal.

image
6 Langkah Meninggalkan Sepeda Motor Dalam Waktu Lama

Sebenarnya ada enam langkah wajib diterapkan oleh sang pemilik kendaraan demi mengantisipasi kerusakan parah tak dikehendaki, apalagi terpaksa harus meninggalkan sepeda motor dalam jangka waktu lama.

1. Taruh sepeda motor kesayangan di tempat tidak lembab dan jauh dari hujan. Pastikan tersimpan dalam kondisi kering dan bersih. Tindakan ini bertujuan melindungi kualitas bodi kendaraan sehingga selalu kinclong meski ditinggal pergi cukup lama. Jangan lupa tutupi dengan cover agar permukaan bodi tidak berdebu.

2. Seluruh aliran listrik pada sepeda motor harus netral, oleh karena itu disarankan cabut aki. Tindakan ini bertujuan menjaga kondisi aki sekaligus mengurani potensi tekor.

3. Sisi dalam tangki rentan berkarat jika tak memperoleh perawatan memadai. Oleh karena itu disarankan menguras tangki sampai kering dan bersih, kalau perlu jangan ada setetes cairan tersisa. Apabila tak ingin repot menguras sampai habis, isi penuh tangki sampai tak ada sedikit ruang kosong.

4. Usahakan ban sepeda motor tidak menyentuh tanah sama sekali. Parkir kendaraan pada posisi standar tengah/ganda kemudian ganjal dengan kayu. Tindakan ini sengaja dilakukan untuk mencegah ban bersentuhan langsung dengan permukaan tanah atau lantai sehingga tak mudah kempes.

5. Sepeda motor yang tak pernah dinyalakan atau dipanaskan dalam jangka waktu lama butuh kesabaran ketika ingin menghidupkan kembali. Disarankan lebih condong pakai kick starter demi mengurangi kerja dinamo starter. Hal ini akibat pengendapan oli yang tak sampai melumasi dinding atas usai ditinggal dalam waktu lama.

6. Mencari tempat ideal parkir sepeda motor kesayangan memang susah-susah gampang. Selain bebas lembab dan hujan, pastikan tidak terekspos langsung dengan terik sinar matahari. Jangan lupa menutupi kendaraan roda dua kesayangan dengan tudung atau selimut motor agar terbebas dari debu.