Teknoflas.com – Penderita tekanan darah tinggi dianjurkan rutih mengecek tekanan darah di rumah. Menurut hasil studi terbaru, pagi hari merupakan waktu terbaik untuk pengecekan tekanan darah karena lebih baik dalam memprediksi resiko serangan stroke ketimbang malam hari.

image
Cek Tekanan Darah Di Pagi Hari

Dalam studi tersebut para peneliti memakai data dari masyarakat yang hidup di Jepang. Ditemukan bahwa pengecekan pagi hari menampilkan tekanan darah lebih tinggi yang sangat erat dengan peningkatan resiko stroke. Hasil pengecekan justru berbeda pada malam hari, bahkan tak ditemukan sama sekali tekanan darah lebih yang berkaitan dengan resiko stroke. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Tekanan darah memiliki kecenderungan meningkat di pagi hari. Uniknya peningkatan tersebut jauh lebih besar pada masyarakat Asia ketimbang Barat seperti disampaikan Dr. Satoshi Hoshide, pemimpin studi dari Jichi Medical University, Jepang. Oleh karena itu, pengecekan tekanan darah di pagi hari sangat penting khususnya bagi masyarakat Asia.

Studi melibatkan lebih dari 4300 warga Jepang yang setidaknya memiliki satu faktor resiko penyakit jantung seperti diabetes, kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Selama dua minggu objek penelitian disuruh mengecek tekanan darah di rumah, yakni pagi dan malam hari.

Para peneliti mengungkap bahwa pengecekan pagi hari jauh lebih akurat, bahkan turut pula diketahui bahwa tekanan darah tinggi lebih dari 155 mm Hg ternyata tujuh kali lebih beresiko kena stroke ketimbang tekanan darah tinggi kurang dari 135 mm Hg. Lucunya, pengecekan malam hari dengan tekanan darah tinggi lebih dari 155 mm Hg dinyatakan tak ada peningkatan resiko stroke dibandingkan dengan tekanan darah tinggi kurang dari 135 mm Hg.

Banyak faktor memicu pengecekan tekanan darah di malam hari kurang akurat dalam memprediksi resiko stroke, mulai dari makanan hingga mandi air panas/hangat. Sementara itu peningkatan tekanan darah pagi hari erat berkaitan dengan faktor fisiological seperti pengaktifan ‘sympathetic nervous system’ pada saat bangun tidur di pagi hari.

Walaupun pengecekan tekanan darah tinggi di pagi hari erat berkaitan dengan peningkatan resiko stroke, meminum obat tekanan darah tinggi di pagi hari juga tak terbukti efektif dibandingkan malam hari seperti diutarakan Dr. Satoshi Hoshide. Studi ini dilakukan pada warga Jepang, belum tentu memperoleh hasil serupa untuk warga negara lain.