Teknoflas.com – Helm merupakan perangkat penting yang menjamin keselamatan pengendara sepeda motor. Meski hampir setiap hari dipakai, masih banyak orang lupa meluangkan waktu untuk merawat helm sehingga tak jarang berbau apek tak sedap menusuk hidung.

image
Tips Usir Bau Apek Di Helm

Sebenarnya menjaga kebersihan helm agar bebas bau apek tidak begitu sulit, bahkan tak perlu dibawa ke tempat perawatan khusus. Ikuti saja enam langkah berikut ini yang sudah terbukti ampuh.

1. Jemur panas

Saat matahari tengah berada di posisi terik, segera jemur helm menghadap ke atas sehingga sinar panas mentari gampang masuk hingga ke bagian dalam. Setidaknya jemur helm 2-3 kali dalam seminggu bila memungkinkan.

2. Hindari tempat lembab

Jangan pernah taruh helm di tempat lembab, apalagi usai dipakai sebelumnya. Tempat lembab merupakan markas besar pertumbuhan bakteri dan jamur. Disarankan taruh helm di tempat sejuk dan ruangan terbuka sehingga angin bantu usir bau apek.

3. Buka kaca helm

Terasa percuma taruh helm di tempat sejuk tanpa membuka bagian kaca. Meskipun sederhana, membuka kaca helm bantu sirkulasi udara lebih baik sehingga tidak pengap dan usir bau apek.

4. Kenakan balaclava

Bagi kaum pria yang gemar memakai minyak rambut, disarankan menutupi kepala dengan balaclava sebelum pakai helm. Balaclava merupakan sejenis masker kepala atau masker ninja yang mencegah bau apek akibat pemakaian minyak rambut yang tertempel di permukaan bagian dalam helm.

5. Semprot parfum

Sekarang ini ada banyak parfum freshner khusus helm dengan harga terjangkau. Gunakan itu untuk mengusir bau apek, semprotkan sedikit saja dan jangan berlebihan yang justru mendongkrak pertumbuhan bakteri.

6. Cuci

Apabila bau apek semakin tidak karuan, itu merupakan pertanda bahwa helm harus segera dicuci. Disarankan cuci helm setidaknya sebulan sekali demi menjaga kebersihan sekaligus bebas dari bau apek menyengat.

Itulah enam tindakan sederhana yang bisa dilakukan oleh pengendara sepeda motor agar helm kesayangan selalu bersih, bebas bakteri dan bau apek tak sedap. Mudah sekali, bukan?