Teknoflas.com – Sejumlah kota di Indonesia bakal disuguhi fenomena alam langka, yakni Gerhana Matahari Total yang jatuh pada 9 Maret 2016. Sayangnya tak semua masyarakat tanah air bisa menyaksikan langsung, bahkan hanya beberapa kota saja yang mengalami Gerhana Matahari Sebagian.

image
5 Kota Besar Gerhana Matahari Sebagian

Walaupun tak bisa melihat gerhana matahari secara penuh, setidaknya gerhana matahari sebagian tetap menyuguhkan pemandangan indah yang tak bakal ada lagi dalam beberapa waktu dekat. Seperti diketahui, Indonesia terakhir kali merasakan fenomena alam ini pada 1983 silam.

Jika tak mampu mendatangi kota yang mengalami Gerhana Matahari Total, cukup datangi saja lima kota besar berikut ini yang ‘kebagian jatah’ Gerhana Matahari Sebagian.

1. Medan

Ibukota Sumatera Utara ini bakal mengalami Gerhana Matahari Sebagian dengan persentase 77,6%. Masyarakat sudah bisa menikmatinya di pagi hari sekitar pukul 07.22 WIB, kemudian bakal berakhir pada 08.27 WIB.

2. Jakarta

Sayang sekali ibukota negara Republik Indonesia, Jakarta, tak bisa menikmati fenomena Gerhana Matahari Total. Setidaknya masyarakat bisa menikmati Gerhana Matahari Sebagian yang diprediksi bakal mulai pada 06.19 WIB, puncak pada 07.21 WIB dan berakhir pada 08.31 WIB.

3. Denpasar

Wisatawan dan masyarakat Bali bisa langsung pergi ke Denpasar untuk menikmati Gerhana Matahari Sebagian yang dimulai pada 07.22 WITA, puncak pada 08.27 WITA dan selesai pada 09.42 WITA. Uniknya, peristiwa ini bakal terjadi bertepatan dengan Hari Raya Nyepi.

4. Makassar

Masyarakat Sulawesi Selatan yang ingin menonton Gerhana Matahari Sebagian bisa mengunjungi Kota Makassar. Peristiwa unik ini bakal terjadi pada pukul 07.25 WITA, puncak pada 08.34 WITA, dan berakhir pada 09.54 WITA.

5. Jayapura

Masyarakat Papua yang tinggal di ibukota Jayapura bisa menikmati peristiwa Gerhana Matahari Sebagian pada 08.53 WIT, puncak pada 10.17 WIT dan berakhir pada 11.48 WIT.

Itulah lima kota besar di Indonesia yang kebagian jatah Gerhana Matahari Sebagian pada 9 Maret 2016. Jika tak mau ketinggalan fenomena alam langka ini, segera datangi salah satu dari lima destinasi di atas.