Teknoflas.com – Sebelum smartphone android berkembang pesat, banyak orang menikmati koleksi lagu via iTunes dengan bantuan iPod. Kini semakin banyak orang meninggalkan perangkat buatan Apple tersebut dan menyimpan koleksi lagu di smartphone kesayangan. Hal tersebut sengaja dilakukan agar tak membawa banyak barang ketika berpergian.

image
3 Langkah Transfer iTunes Ke Ponsel Android

Lalu, bagaimana cara mendengar koleksi lagu iTunes di smartphone android? Ada tiga langkah yang bisa dilakukan!

1. Transfer via Google Play Music

Google Play Music menyediakan cloud storage hingga 50,000 lagu yang bisa diakses via desktop dan ponsel, hebatnya fitur ini kompatibel dengan iTunes. Untuk menggabungkan dua sistem berbeda tersebut, diwajibkan mengunduh Google Music Manager atau Google Play Music for Chrome ke komputer dan aplikasi Google Play Music ke ponsel.

Buka program dan masuk dengan akun Google. Pilih lokasi musik yang ingin diunggah (iTunes) dan Google Music Manager akan segera mengunggah file musik. Nantinya versi desktop secara otomatis bakal terhubung dengan aplikasi Google Play Music di smartphone, segera buka, menuju My Library dan muncul file musik yang sudah diunggah sebelumnya.

Unggah koleksi musik ukuran besar memakan waktu lama dan semua proses ini butuh koneksi data atau Wi-Fi, tetapi menghemat pemakaian memori smartphone. Untuk mendengar lagu atau album secara offline, manfaatkan saja fitur pin.

2. Transfer via iSyncr

Ada banyak aplikasi di Google Play Store untuk transfer lagu iTunes ke smartphone android. Salah satu pilihan paling sederhana dan efisien yaitu iSyncr. Memindahkan koleksi lagu kesayangan tidak begitu sulit, segera pasang iSyncr ke smartphone dan pasang versi desktop ke komputer.

Langkah selanjutnya yaitu menghubungkan perangkat ke komputer dengan kabel USB, kemudian buka aplikasi versi desktop. Nantinya otomatis muncul window yang menanyakan file yang ingin dihubungkan ke perangkat. Tandai kotak disamping iTunes, kemudian klik Synchronise untuk mulai transfer file iTunes ke ponsel.

Ketika proses transfer selesai, klik End. Nantinya file musik bisa diputar dengan aplikasi pemutar musik favorit. Selain transfer via kabel data, pengguna juga bisa memanfaatkan jaringan Wi-Fi asalkan memakai iSyncr dan berada dalam jaringan sejenis.

3. Transfer via USB

Sebenarnya memindahkan koleksi lagu iTunes ke smartphone android tidak begitu sulit, bahkan tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga sekalipun alias manual. Bagaimana caranya? Hubungkan ponsel ke PC dengan kabel USB, buka Windows Explorer dan cari lokasi folder iTunes yang ada di komputer. Selanjutnya tinggal menyalin file musik yang ada di komputer menuju smartphone.