Teknoflas.com – Meskipun sejumlah pihak menyebut Nexus 6P sebagai seri terbaik Nexus, namun bukan berarti jauh dari kata sempurna. Ada waktunya ponsel usungan Google tersebut mengalami permasalahan pada prosesor dan memori yang menyebabkan penurunan performa.

image
Bikin Nexus 6P kembali ngebut

Bagi pengguna setia Nexus 6P yang ingin mengembalikan performa ponsel kesayangan seperti baru beli, ikuti saja enam cara berikut seperti dilansir dari laman Androidpit, Senin (1/2/2015).

1. Percepat animasi

Masuk ke Developer Mode untuk mengurangi waktu animasi sehingga perangkat bekerja lebih cepat. Sejujurnya mode tersebut disembunyikan secara rapi, jadi butuh metode spesial untuk mengaktifkan. Coba menuju Settings > About Phone kemudian tekan Build Number sampai tujuh kali, nantinya Developer Options muncul di bawah laman Settings. Segera masuk ke Developer Options untuk mengubah window animation scale, transition animation scale dan animator duration scale menjadi 0.5x.

2. Buka kunci dengan jari

Percaya atau tidak, membuka Nexus 6P dengan sensor sidik jari menghemat banyak detik berharga. Paling tidak turut mempengaruhi performa ponsel ketimbang membukanya dengan cara konvensional. Oleh karena itu, segera aktifkan sensor sidik jari melalui Settings > Nexus Imprint.

3. Luncurkan kamera dengan tombol power

Tak ingin kehilangan momen penting untuk memotret? Membuka ponsel dan mencari aplikasi kamera justru buang-buang waktu, lebih baik menekan dua kali tombol power untuk mengaktifkan kamera siap motret. Bagaimana caranya? Coba buka Settings > Apps > Camera > Open By Default > Clear Defaults selanjutnya tekan dua kali tombol power dan Nexus 6P akan menanyakan pilihan aplikasi kamera secara default. Dengan begitu, hanya perlu tekan dua kali tombol power untuk mulai memotret.

4. Factory reset

Nexus 6P yang sudah sangat lambat bisa diatasi dengan factory reset, namun pengguna wajib melakukan backup agar tak kehilangan sejumlah data penting. Untuk melakukan factory reset, segera pergi ke Settings > Backup and Reset kemudian pilih Factory Data Reset. Nantinya semua data terhapus dan performa ponsel kembali lagi seperti baru buka dari box.

5. Pakai charger asli

Tak sulit mengisi daya baterai Nexus 6P, cukup gunakan charger asli untuk pengisian lebih cepat. Meskipun kapasitas daya baterai dapat cepat terisi, namun bukan berarti sudah dibekali teknologi Quick Charge seperti para pesaing lain. Jangan pernah berpikir untuk memakai charger Quick Charge yang justru memperlambat performa ponsel dan proses pengisian daya pun tidak mengalami perubahan kecepatan sedikitpun.

6. Ubah Quick Settings

Sebenarnya cara ini cocok dikategorikan sebagai peningkatan performa pengguna ketimbang ponsel, namun hasil akhirnya masih lebih baik dan cepat. Jika meluncur ke bawah menu Quick Settings dan menekan ikon Settings, maka muncul pop-up yang menyebut System UI Tuner sudah ditambahkan ke Settings. Kemudian menuju Settings > System UI Tuner > Quick Settings untuk mulai menentukan pengaturan.