Teknoflas.com – Pada musim hujan lebat seperti ini, sebaiknya pengendara sepeda motor tak cuma menyiapkan jas hujan saja. Kondisi ban harus diperhatikan dengan seksama, apalagi bakal sering melintasi jalanan basah dan genangan air. Jika bagian ini terlewati, maka kemungkinan terburuk bisa saja terjadi.

image
Perhatikan Ban Sepeda Motor Saat Musim Hujan

Menurut penuturan Arijanto Notorahardjo, General Manager Marketing and Sales Retail PT Gajah Tunggal, salah satu penghasil ban sepeda motor terkemuka di Indonesia, pengendara harus cermat dalam melihat dan mengamati kondisi ban. Jika tak sesuai standar dan buruk, maka resiko kecelakaan cukup besar.

Arijanto mengatakan, sebenarnya semua ban sepeda motor yang ada di pasaran Indonesia saat ini cocok untuk dua kondisi jalanan, entah itu kering atau basah. Meskipun demikian, ada tiga poin wajib diperhatikan soal ban khusus saat musim hujan dan jalan basah seperti dilansir dari laman Otomania, Kamis (4/2/2016).

1. Kondisi angin

Sebelum memacu kendaraan saat hujan turun atau jalan licin, pengendara wajib mengecek kondisi angin terlebih dahulu. Jika kondisi ban kurang angin, maka punya beban lebih berat ketika melintasi genangan air. Selain itu, ban tidak bakal sempurna melintasi permukaan jalan. Persyaratan ini berlaku untuk semua jenis ban, entah pemakai ban dalam ataupun tubeless.

2. Kembangan oke

Jangan pernah nekat mengendarai sepeda motor dengan ban botak di jalanan licin. Oleh karena itu, pengendara wajib perhatikan bagian kembangan yang memegang pengaruh besar pada traksi ban dan aspal. Menurut penuturan Arijanto, kembangan ban juga berpengaruh langsung terhadap pengereman kendaraan. Oleh karena itu, pastikan ban memiliki kembagan di atas 30 persen, namun segera ganti dengan ban baru jika kembangan di bawah 30 persen.

3. Ban pas

Ada beragam tipe ban sepeda motor di pasaran, namun jangan asal pasang sesuka hati tanpa mengetahui fungsi utama. Sebaiknya pilih ban yang sesuai jenis kendaraan. Hindari pemasangan ban khusus drag race atau ban cacing untuk pemakaian sehari-hari, apalagi melintasi jalanan licin penuh genangan air saat musim hujan.