Teknoflas.com – Pemindai sidik jari dan monitor detak jantung merupakan bagian dari teknologi canggih yang diusung smartphone kelas premium. Ternyata masih banyak kejutan baru belum diperkenalkan langsung oleh produsen smartphone, namun diprediksi segera hadir memanjakan konsumen.

image
5 Teknologi Super Canggih Bakal Hadir Di Smartphone

Berikut ini lima teknologi super canggih yang segera hadir di smartphone seperti dilansir dari laman Androidpit.

1. Pemindai retina

Tak lama lagi pengguna smartphone bakal menikmati fitur pemindai retina. Fujitsu telah mengembangkan teknologi ini untuk membuka kunci ponsel atau membayar sesuatu. Kabarnya teknologi hasil penelitian perusahaan Jepang itu lebih akurat ketimbang pemindai sidik jari yang bisa saja dipalsukan. Fitur pemindai retina bakal hadir pada smartphone Arrows NX F-04G keluaran Fujitsu, bahkan cuma butuh waktu kurang dari sedetik untuk mengenali si pemilik berkat Iris Passport Tech.

2. Cloud storage

Nextbit Robin menghadirkan smartphone yang bebas dari masalah penyimpanan data. Pengguna ditawari cloud storage 100GB untuk menyimpan foto, musik, dokumen hingga aplikasi. Dengan begitu turut bantu ketergantungan pada memori internal dan eksternal. Pemindahan data hanya bisa melalui koneksi online dalam jaringan 3G, 4G atau Wi-Fi. Walaupun masih menyertakan memori internal 32GB, nantinya ponsel bakal melakukan backup otomatis di cloud storage.

3. GPS super akurat

Layanan GPS selama ini sudah sangat membantu, sayangnya tidak selalu akurat. Oleh karena itu, sistem GPS super akurat yang sanggup menghitung lebih detil saat ini tengah dikembangkan tim peneliti University of Texas. Untuk memperoleh presisi akurat, sistem ini memakai receiver murah nan kecil yang di pasang ke smartphone dan menjaga akurasi saat berkomunikasi dengan satelit. Dengan begitu, tingkat akurasi GPS meningkat sampai 100 kali lipat.

4. Ubah permukaan jadi layar sentuh

Tahun lalu Lenovo telah memperkenalkan sebuah smartphone prototipe yang memakai laser untuk mengubah permukaan datar apapun sebagai touchscreen alias layar sentuh. Teknologi tersebut dinamakan Smart Cast, nantinya pengguna juga bisa memindahkan foto dan video ke tembok. Sampai saat ini perkembangan terus dilakukan agar lebih sempurna.

5. Augmented Reality

Teknologi Augmented Reality (AR) bakal memakai kamera dari ponsel android untuk melihat lingkungan sekitar yang kemudian menampilkan data digital tambahan. Contoh, nantinya pengguna cukup mengarahkan kamera ponsel ke sebuah jalan atau restoran lalu secara otomatis memperoleh data dari Google Reviews untuk ditampilkan ke layar. Hebat, kan?