Teknoflas.com – Demi memuaskan pengguna mengakses Facebook via smartphone, maka diciptakan aplikasi resmi yang bisa diundah gratis dari Google Play Store. Aplikasi Facebook untuk android menawarkan beragam fungsi hebat, tak heran berhasil mencapai satu milyar unduhan dan memperoleh rating 4.0.

image
Segera Hapus Aplikasi Facebook Demi Baterai Tahan Lebih Lama

Bagi pengguna Facebook sejati, tak ada salahnya terus memakai dan memasang aplikasinya di smartphone kesayangan. Akan tetapi ada konsekuensi besar harus ditanggung, yakni menguras performa ponsel yang justru berdampak langsung pada pemakaian daya baterai.

Jika ingin mendongkrak daya tahan baterai hingga 20 persen, segera hapus aplikasi resmi Facebook for Android dari smartphone kesayangan. Ini sudah dibuktikan langsung oleh Samuel Gibbs dari Guardian. Sesudah menghapus aplikasi sosial media yang akrab dengan warna biru itu, daya tahan baterai Huawei Nexus 6P miliknya langsung meningkat 20 persen.

Guardian sudah mengontak Facebook terkait sejumlah masalah dengan aplikasi android itu. Seorang perwakilan dari Facebook pun menjawab, “Kami sudah terima laporan dari sejumlah orang yang mengalami masalah kecepatan performa ponsel akibat memasang aplikasi android ini. Kami akan terus cari penyebab dan cara memperbaikinya.”

Tak hanya Guardian saja yang menerima jawaban di atas, tetapi semua kantor berita yang melayangkan masalah serupa. Jawaban dari pihak Facebook hanya soal kecepatan daripada penggunaan baterai, namun mereka terus berusaha mengembangkan aplikasi tersebut demi kepuasan pengguna setia.

Melakukan sejumlah sentuhan ‘tweak’ dengan mengurangi notifikasi bisa dongkrak performa, namun jika harus mengurangi notifikasi, justru lebih baik mengakses Facebook via web browser ponsel ketimbang buka aplikasi. Dengan demikian, aplikasi bisa segera dihapus dari smartphone yang justru berdampak baik pada memori RAM, prosesor dan peningkatan daya tahan baterai sampai 20 persen.

Jika tak peduli dengan terkurasnya performa dan daya tahan baterai ponsel, ada baiknya tetap mempertahankan aplikasi, mengaktifkan notifikasi serta fitur atraktif lainnya. Sebagai pengguna setia jusru lebih baik menunggu perkembangan terbaru dari markas pusat Facebook yang sampai saat ini terus berusaha meningkatkan kemampuan aplikasi resmi tersebut.