Teknoflas.com – Sampai saat ini kanker masih dianggap penyakit mematikan yang menyerang seseorang tanpa pandang usia. Keganasan dan efek buruk pada kesehatan sudah menjadi perbincangan ramai. Jika tidak terdeteksi dan pencegahan secepat mungkin, kanker menyebabkan kematian pada si penderita.

image
Kunyit ampuh cegah pertumbuhan sel kanker

Bagaimana sel-sel kanker berkembang di dalam tubuh? Kebiasaan makan buruk dan gaya hidup modern tak sehat dituduh sebagai penyebab utama. Akan tetapi faktor lingkungan dan genetik tak bisa diabaikan begitu saja, apalagi menyimpan pengaruh besar.

Meskipun kanker tak bisa terobati dalam tahapan tertentu, itu bisa dicegah melalui pola hidup sehat, termasuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Dalam sejumlah penelitian, ada enam tanaman herbal yang memiliki senyawa untuk melawan kanker seperti dilansir dari laman Boldsky, Jumat (5/2/2016).

1. Lidah buaya

Menurut hasil studi terkini, lidah buaya mengandung senyawa yang menghancurkan sel-sel kanker di dalam tubuh. Tak hanya itu saja, kebiasaan minum segelas jus lidah buaya juga ampuh mencegah kemunculan beberapa tipe kanker. Oleh karena itu, mulai rutin konsumsi tanaman herbal ini demi menekan pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

2. Bawang putih

Tak hanya dikenal sebagai penyedap masakan, bawang putih justru mengandung senyawa pencegah kanker. Menurut hasil penelitian, bawang putih punya kemampuan khusus yang meningkatkan kemampuan imun dan mencegah kanker berkat kaya kandungan senyawa anti-carcinogenic.

3. Kunyit

Berdasarkan sejumlah hasil studi, kunyit menyimpan curcumin yang bertindak sebagai agen anti kanker. Senyawa tersebut dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di masa depan. Pada intinya tidak sulit mencegah kanker, cukup sertakan pemakaian kunyit saat membuat makanan.

4. Silybum

Mungkin nama silybum atau milk thistle masih terdengar asing di telinga, namun menyimpan kemampuan untuk melindungi liver selama kemoterapi. Menurut hasil penelitian, pasien kanker yang mengkonsumsi silybum mengalami penurunan keracunan liver dan efek kemoterapi.

5. Wheat Grass

Satu lagi nama tanaman herbal yang terdengar asing di telinga, namun menyimpan manfaat hebat sebagai pemurni darah, pembersih liver dan ginjal. Menurut penelitian para ahli, rutin mengkonsumsi jus wheat grass setiap hari bakal meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi resiko kanker.

6. Cabai

Meski terasa pedas di lidah, ternyata cabai mengandung piperine yang termasuk senyawa antioksidan kuat. Mengkonsumsi cabai bakal cegah pertumbuhan sel-sel kanker, dengan begitu tubuh terlindungi dari penyakit mematikan ini.