Teknoflas.com – Jakarta selama ini dikenal sebagai kota metropolitan yang dipenuhi banyak gedung pencakar langit. Meskipun demikian, ibukota dari negara Indonesia ini memiliki lima taman indah yang kerap didatangi para warga untuk sekedar melepas lelah dan penat.

image
Penampakan Taman Ria Rio

Jika sedang berlibur di Jakarta, kurang afdol bila tak sempat melihat dan mengunjungi lima taman indah berikut ini yang memiliki sejarah panjang. Apa saja?

1. Taman Menteng

Dahulu dikenal sebagai Viosveld atau Voetbalbond Indische Omstreken Sport pada masa penjajahan Belanda sebelum menjadi taman menteng pada masa pemerintahan Gubernur Sutiyoso. Taman ini dilengkapi bangunan rumah kaca yang dianggap sebagai ikon penyambut kedatangan pengunjung. Warga berdatangan ke taman ini tak sekedar cuci mata saja, namun ikut jogging, main futsal, hunting foto hingga menikmati wifi gratis.

2. Taman Ria Rio

Sebelumnya taman ini sempat lama tak terurus hingga akhirnya diperbaiki pada masa Gubernur Joko Widodo. Pengunjung bisa melihat burung bangau putih yang datang ke waduk serta keberadaan Pohon Baobab (Adansonia digitata) yang berusia ratusan tahun. Batang pohon ini menyimpan air, sedangkan daun dan buah bisa dipakai sebagai bumbu masakan. Pemerintahan DKI Jakarta juga menyertaka fasilitas wifi dan arena lari.

3. Lapangan Banteng

Dahulu bernama Waterloo-Plein Weltevreden Batavia sebelum akhirnya menjadi lapangan banteng, namun sejumlah orang juga menyebutnya sebagai Lapangan Singa mengingat ada patung singa di tengah lapangan. Ini bukan sekedar taman biasa karena sering dijadikan pameran flora fauna dan industri kreatif yang sering diadakan oleh pemerintah DKI Jakarta.

4. Taman Ayodya

Selalu ramai kunjungan di akhir pekan, apalagi menawarkan keindahan mata. Taman ini sering dijadikan objek untuk hunting foto, ada pula juru foto keliling yang sering menawarkan jasa. Selain kecantikan dekorasi taman, pengunjung bisa cicipi fasilitas gratis seperti bangku taman, mini amphitheatre, gazebo, air mancur hingga danau buatan. Kalau lapar tinggal beli aneka jajanan khas kaki lima.

5. Taman Suropati

Sebelumnya dikenal dengan nama Burgemeester Bisschopplein. Taman ini sering dijadikan lokasi kumpul komunitas pecinta hewan. Tak hanya itu saja, para seniman jalanan kerap mendatangi taman ini sebagai ajang ekspresi. Banyak pengunjung sengaja datang ke sini untuk jogging sambil menikmati pepohonan rindang serta melihat ornamen yang merupakan hasil karya pematung dari seluruh ASEAN.