Teknoflas.com – Apakah anda pengguna setia Nexus 5X..? Seiring waktu berjalan dan jarang melakukan perawatan rutin, performa smartphone bakal melambat. Semua disebabkan penumpukan cache di memori ponsel sehingga layak dibersihkan secepat mungkin. Akan tetapi ada sejumlah langkah yang harus ditempuh sebelumnya.

image
Cara Bersihkan Cache Nexus 5x

Sebelum bersihkan cache

Pembersihan cache tidak akan merusak ponsel secara fisik, namun memakan sedikit waktu hingga benar-benar “terbangun ulang” atau rebuild. Pada proses tersebut, kinerja ponsel menjadi sedikit lambat sampai cache terhapuskan.

Sebelum menghilangkan semua cache di memori ponsel, ada baiknya memeriksa dasar-dasar troubleshooting terlebih dahulu, apalagi baru saja memasang sebuah aplikasi baru. Apabila ponsel melambat usai memasang aplikasi baru, sebaiknya cek terlebih dahulu apakah itu penyebab utamanya, jadi hanya perlu menghapus aplikasi tanpa bersihkan cache.

Selain itu, pengguna Nexus 5X juga perlu memeriksa apakah sistem operasi Android selalu update atau tidak. Jika selalu memperbarui OS, maka bug terbaru pun bisa diatasi.

Cara bersihkan cache

Proses pembersihan cache pada Nexus 5X tidak memakan waktu lama, bahkan tak begitu rumit untuk seorang pemula sekalipun. Langkah pertama yaitu menonaktifkan Nexus, kemudian tekan tombol Power dan Volume Down pada saat bersamaan. Terus tekan kombinasi tombol tersebut sampai muncul layar boot yang bertuliskan FASTBOOT MODE di bagian atas.

Langkah selanjutnya yaitu menekan tombol Volume Down sampai Recovery Option disorot. Gunakan tombol power untuk memilik dan reboot ponsel dalam keadaan Recovery Mode.

Usai ponsel reboot, muncul layar yang menampilkan robot android tengah terkapar. Tekan lalu tahan Power dan Volume Up untuk masuk ke Recovery Options, dan gunakan Volume Down untuk menuju opsi Wipe Cache Partition. Gunakan tombol Power untuk memilih, arahkan ke Yes dan gunakan tombol Power untuk menghapus cache.

Proses tidak makan waktu lama dan muncul opsi Reboot System Now ketika penghapusan selesai. Selanjutnya hanya perlu bersabar hingga reboot selesai. Jangan khawatir jika proses memakan waktu agak lebih lama karena Android butuh waktu untuk rebuild beberapa cache.

Ketika ponsel selesai reboot, maka segala permasalahan seharusnya hilang. Namun jika kembali muncul, maka ada masalah lain yang harus dicari penyebabnya. Apabila tak kunjung menemukan opsi tepat, langkah terakhir yaitu factory reset Nexus 5X.