Teknoflas.com – Beras hitam termasuk salah satu jenis makanan yang sangat menyehatkan, apalagi kaya kandungan antioksidan untuk melawan penyakit. Menurut hasil studi, beras ini juga mengandung serat tinggi dan senyawa anti peradangan. Ada beragam manfaat kesehatan dimiliki beras hitam selain menjaga berat badan, yakni cegah pertumbuhan sel kanker, diabetes dan penyakit jantung.

image
Manfaat Hebat Beras Hitam Untuk Tubuh

Kini beras hitam kerap dipakai pelaku diet untuk menurunkan berat badan. Kandungan kadar antioksidan setara blueberry dan blackberry. Selain itu kandungan zat besi dan serat jauh lebih tinggi ketimbang beras merah. Secara keseluruhan, beras hitam jauh lebih sehat ketimbang jenis lainnya apalagi rendah gula dan sumber vitamin E.

Berikut ini lima manfaat hebat beras hitam untuk kesehatan tubuh seperti dilansir teknoflas.com dari laman Boldsky, Kamis (11/2/2016).

1. Jantung sehat

Berdasarkan sejumlah hasil studi terbaru, beras hitam bantu menurunkan resiko pembentukan plak di arteri. Tentu saja arteri bebas plak bakal mencegah resiko serangan jantung ataupun stroke. Kandungan senyawa kimia dalam beras ini bantu menjaga kadar kolesterol tetap sehat.

2. Pembersih racun

Hasil studi terbaru juga mengungkap beras hitam dapat membantu proses detoksifikasi, yakni mengusir tumpukan racun berbahaya di dalam liver. Tumpukan racun di liver bisa memicu sejumlah penyakit berbahaya, oleh karena itu perlu detoksifikasi. Beras hitam mengandung antioksidan yang mendetoks tubuh dan phytonutrients untuk mengurangi peradangan.

3. Pencernaan sehat

Beras hitam kaya serat yang bantu mencegah sembelit dan beragam masalah kesehatan terkait saluran pencernaan. Selain mengenyangkan perut dan bantu proses penurunan berat badan, beras hitam juga memastikan saluran pencernaan terus bekerja sebagaimana mestinya.

4. Pencegah diabetes

Tak ingin kena diabetes tipe 2, segera konsumsi beras hitam yang terbukti ampuh mengurangi resiko penyakit tersebut. Seperti diketahui, konsumsi biji-bijian utuh seperti beras hitam sangat baik untuk mengendalikan diabetes. Tak hanya itu saja, berat badan tetap terkendali dan menjaga keseimbangan kadar energi.

5. Pencegah obesitas

Beras hitam kaya serat dan nutrisi yang mencegah seseorang cepat terasa lapar, dengan demikian turut bantu mengendalikan nafsu makan. Berdasarkan hasil studi, jenis beras ini mencegah resistensi insulin yang berkaitan erat dengan peningkatan resiko obesitas.