Teknoflas.com – Silvio Berlusconi resmi mengambil kursi kepemilikan AC Milan pada 10 Februari 1986. Tak terasa sudah 30 tahun eks perdana menteri Italia itu memimpin Rossoneri, sukses menghadirkan 13 gelar internasional dan 15 gelar domestik. Beragam prestasi luar biasa membuatnya menjadi figur tak tergantikan sehingga begitu melegenda di kalangan para penggemar setia.

berlusconi ac milan
Sepuluh transfer terbaik AC Milan dalam 30 tahun kepemimpinan Berlusconi

Demi mengejar gelar bergengsi, Berlusconi tak segan mengeluarkan uang untuk merekrut pemain potensial. Banyak pemain datang dan pergi, beberapa diantaranya menjadi legenda di hati para penggemar berat AC Milan. Berlusconi memperkerjakan banyak pemandu bakat alias scout yang sukses memantau sejumlah pemain calon bintang, dari zero menjadi hero, dari pemain biasa menjadi kelas dunia.

Selain itu, Berlusconi termasuk sosok royal yang rela bayar mahal demi pemain berkualitas tinggi. Seperti diketahui, AC Milan sempat diperkuat beberapa mantan pemain terbaik dunia seperti Weah, Ronaldo, Ronaldinho hingga Rivaldo. Selama masa kepemimpinan ayah dari Barbara tersebut, beberapa nama beken turut berlabuh di San Siro.

Sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi 30 tahun memimpin AC Milan, sebuah media online sepakbola Italia, CM, telah merilis 10 transfer terbaik yang pernah didatangkan oleh Berlusconi. Siapa saja?

1. Marco van Basten

2. Andriy Shevchenko

3. Ricardo Kaka

4. Ruud Gullit

5. Andrea Pirlo

6. Frank Rijkaard

7. Filippo Inzaghi

8. George Weah

9. Alessandro Nesta

10. Dejan Savicevic

Sepuluh nama di atas datang ke San Siro sebagai pemain terbaik di masa emasnya. Mereka telah menjadi legenda tak terlupakan karena turut mengantar AC Milan ke posisi tertinggi dan sejumlah gelar bergengsi. Demi prestasi membanggakan yang membuat fans semakin jatuh cinta pada klub, Berlusconi rela mengeluarkan banyak uang yang justru berakhir dengan kenangan manis. (Angelo Taglieri/TPR)