Teknoflas.com – Kapan tanggal pendaftaran mahasiswa baru Universitas Pertamina? Tentu banyak pertanyaan serupa hadir dibenak masyarakat umum usai mendengar kabar PT Pertamina (Persero) telah meresmikan pembukaan universitas pendidikan tinggi miliknya di kawasan Simprug, Jakarta Selatan, pada Kamis, 11 Februari 2016.

image
Tanggal Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Pertamina

Menurut penuturan Direktur Eksekutif Pertamina Foundation Umar Fahmi, penerimaan mahasiswa baru angkatan pertama atau peserta didik tahun ajaran 2016/2017 bakal dibuka pada Juli nanti. Para calon mahasiwa nantinya boleh memilih salah satu dari 15 program studi (prodi) yang digolongkan menjadi enam fakultas yakni Fakultas Teknologi Eksplorasi, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Perencanaan Infrastruktur, Fakultas Sains, dan Fakultas Komunikasi dan Diplomasi.

Universitas Pertamina merupakan salah satu wujud kepedulian Pertamina selaku perusahaan milik negara kepada masyarakat Indonesia, yakni menghadirkan pendidikan tinggi berkualitas demi peningkatan mutu sehingga mampu bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Nantinya segala sesuatu terkait penyediaan fasilitas kegiatan belajar mengajar serta pengelolaan aset ditangani langsung oleh Pertamina Foundation.

Demi menghasilkan lulusan berkualitas tinggi, Pertamina Foundation telah menyiapkan dana sebesar 680 miliar rupiah untuk pembangunan kampus dalam lima tahun ke depan yang meliputi sarana dan prasarana kampus, sarana olahraga, perpustakaan, dan laboratorium. Tahun pertama saja bakal menghabiskan dana sebesar 80 miliar rupiah untuk pembangunan sejumlah aset pendukung kegiatan belajar mengajar.

Dalam jangka waktu empat tahun (2016-2020), Universitas Pertamina ditargetkan segera memiliki kampus I, ruang kuliah, laboratorium, serta penyiapan sistem pembelajaran dan administrasi. Setahun kemudian, tepatnya 2021, ditargetkan telah memiliki kampus utama serta pusat kegiatan mahasiswa.

Meskipun masih tergolong ‘hijau daun’ dalam dunia pendidikan, Universitas Pertamina menargetkan jumlah peserta didik tahun ajaran 2016/2017 memenuhi kouta. Oleh karena itu, pihak universitas bakal melakukan pendekatan kepada siswa sekolah menengah atas sebagai upaya memperkenalkan nama kampus. Pendaftaran pada Juli mendatang diharapkan ramai para calon peserta didik yang antusias untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Dengan mengusung nama besar Pertamina, diharapkan universitas yang berada di kawasan Simprug, Jakarta Selatan, itu bisa mencetak lulusan berkualitas tinggi yang siap bersaing langsung dengan ketatnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).