TeknoFlas.com – Produksi gadget-gadget yang semakin modern menyisakan ruang sempit untuk hardware-hardware penunjang di dalamnya. Hal ini membuat WD yang terkenal dengan produk hard drivenya memproduksi hardiks ultra slim 5mm. Hardisk WD Blue ini merupakan hardisk ultra slim pertama di dunia.

WD Blue 5 Hardisk Ultram SLIM 5mm

WD Blue ini mempunyai kapasitas penyimpanan 500GB yang standar digunakan untuk notebook maupun ultrabook. Menurut Matt Rutledge, Vice President Client Computing Business Unit WD peluncuran WD Blue 5 ini bertujuan untuk melakukan pendekatan clean-sheet dengan 5mm untuk memberikan hard drive ultra tipis yang memungkinkan berbagai kemungkinan dan aplikasi untuk komputasi mobile dan lainnya.

Dikutip TeknoFlas dari Detik (05/05/2013), ketipisan fisik WD Blue membuat berat hard disk turun 36% jika dibandingkan drive standar 9,5mm. Meski demikian, storage tipis ini dibekali fitur akustik untuk meredam tingkat bising saat drive berputar atau siaga.

Hard disk ini juga sanggup menahan guncangan non-operasional sampai 1000G, dan operasional sampai 400G. Untuk mengurangi getaran akibat sistem dan menstabilkan piringan saat proses baca dan tulis, poros motor dikunci di kedua ujungnya.

Karena form factornya baru (SFF-8784), WD Blue hadir dengan konektor interface baru SATA SFF-8784 dan dikoneksikan ke host I/O bus. Selain hardisk, WD juga mengirimkan SSHD (solid state hybrid drive) pertama yang dinamai WD Black 5.

WD Blue 5mm (WD5000MPCK) dipasarkan dengan banderol USD 115 atau sekitar Rp 1,1 juta dengan garansi terbatas dua tahun. Sementara WD Black SSHD dijual melalui OEM dan system integrator.