TeknoFlas.com – Samsung yang terkenal akan gadget android bukan berarti tidak mengembangkan untuk sistem operasi yang lain. Hal ini dibuktikan bahwa produsen asal Korea Selatan ini akan meluncurkan dua smartphone Tizen sebelum akhir tahun ini.

Samsung Tizen Dikutip TeknoFlas dari Detik (06/05/2013), dua smartphone tersebut diketahui memiliki nama kode GT-I8800 dan GT-I8805. Keduanya, sama-sama akan dilengkapi dengan konektivitas 4G LTE. Tizen seperti diketahui adalah OS berbasis Linux yang muncul berkat kemitraan Samsung, Intel dan Linux Foundation.

GT-I8800-8805

Tizen juga merupakan pengembangan dari platform MeeGo yang dulu dikembangkan Nokia bersama Intel dan LiMo. Samsung sudah mengonfirmasikan mengenai rencananya membuat handset Tizen sebelum akhir tahun ini.

Bermunculan rumor yang mengatakan bahwa smartphone Tizen ini adalah senjata untuk mengantisipasi handset dari Motorola. Hal ini bermula dari kekhawatiran akuisisi Google terhadap Motorola. Banyak yang berpendapat, Google nantinya akan mengutamakan perangkat Motorola untuk akses Android terbaru.