TeknoFlas.com – Aplikasi Pengintai di Facebook, Waspadalah! – Saat ini terbukti, Facebook masih menjadi primadona situs jejaring sosial. Karena kepopulerannya itulah, akun facebook sering kali menjadi incaran para penjahat di dunia maya. Salah satunya adalah aplikasi pengintai yang menyebarkan phising scam terbaru.

Aplikasi Pengintai di Facebook, Waspadalah!

Disadari atau tidak, pasti ada pengguna Facebook yang pernah mejumpai aplikasi jahat semacam ini. Sebuah aplikasi pengintai yang kabarnya mampu mengetahui siapa yang melihat profil mereka.

Peneliti keamanan internet Zscaler melaporkan bahwa aplikasi pengintai ini mengarahkan pengguna ke situs bernama FB Stalker. Saat mengunjungi situs ini, pengguna akan bertemu dengan halaman login Facebook palsu.

Pengguna akan dijebak dengan metode phising. Di sini, pengguna akan diminta mengisi alamat email dan password facebook. Cara phising ini juga dirancang untuk bisa mencuri pertanyaan rahasia dan jawabannya sehingga penyusup nantinya bisa masuk lebih dalam. Sebagaimana dikutip TeknoFlas dari Softpedia, Kamis (9/5/2013).

Selain itu, Hackers News Bulletin juga merilis sebuah informasi penemuan jenis aplikasi scam yang mirip. Sebuah aplikasi yang kabarnya bisa mengetahui siapa saja yang melihat profil, mengelabui pengguna agar menginstal browser extension Flash Player. Selanjutnya bisa ditebak apa yang akan terjadi, rupanya browser ini nantinya memungkinkan pelaku kejahatan cyber meretas akun facebook dan memonitor aktvitas si korban.

Salah satu pencegahan yang efektif untuk menghindari jebakan semacam ini adalah tidak perlu mengakses aplikasi atau website semacam itu. Jika terlanjur menjadi korban, segera ganti password Facebook Anda. Jangan lupa juga untuk langsung menghapus browser extension yang diminta aplikasi tersebut jika Anda terlanjur menginstalnya. Dengan demikian semoga saja akun facebook Anda akan aman dari upaya phising dan peretasan.