TeknoFlas.com Persaingan sistem operasi untuk mobile memang saat ini masih di kuasai oleh android dan ios akan tetapi untuk menduduki posisi 3 besar terjadi persaingan yang cukup sengit antara windowns phone dan blackberry OS, dan jika di lihat dari data statistik terakhir yang dikeluarkan oleh International Data Corporation (IDC), terjadi pergeseran posisi 3 besar sistem operasi mobile terpopuler di dunia. Seperti di kutip teknoflas dari pocket-lint Jumat (17/5/2013)
Windows Phone Geser Blackberry OS
Dengan hasil ini makan OS Windows Phone telah berhasil menggeser BlackBerry, dan sekarang ini posisi Windows Phone masuk 3 besar OS mobile terpopuler dunia, hal ini dilihat berdasarkan jumlah market sharenya. Berdasarkan catatan dari IDC pada kuartal pertama tahun 2013 ini market share Windows Phone berhasil mencatatkan pencapaian sebesar 3,2% dengan angka tersebut windowns phone berhasil mengungguli 0,3% dari BlackBerry yang mana hanya mampu mengumpulkan pencapaian sebesar 2,9% saja. Salah satu catatan yang menarik adalah Windows Phone berhasil meraih perumbuhan market share yang cukup signifikan yakni sebesar 133% pada setahun belakangan ini, dan jika kita melihat ke sisi BlackBerry, malah mengalami penurunan sebesar 35,1%.

Berikut ini data market share os mobile secara global berdasarkan data dari International Data Corporation
Windows Phone Geser Blackberry OS
Jika kita lihat dari market share di atas tampaknya windows masih memerlukan perjungan yang cukup keras apabila hendak menggeser iOS karena os besutan apple ini masih cukup nyaman di posisi dua dengan pencapaian market share sebesar 17.3%, dan apabila ingin menguasai posisi puncak tampaknya cukup sulit untuk menggesar android yang berhasil menguasai pasar sebesar 75%