TeknoFlas.com – Jelly Bean adalah sistem operasi Android yang paling mutakhir saat ini sebelum nanti diluncurkannya Key Lime Pie sebagai Android 5.0. Saat ini banyak smartphone dengan spesifikasi high-end melintas dengan OS yang satu ini. Dengan segudang fitur dan design yang top membuat betah untuk berlama-lama menggunakan ponsel Android.

Android Jelly Bean

Berbagai tips dan trik Android untuk Anda yaitu shortcut Android 4.2 Jelly Bean yang perlu kamu ketahui. Dikutip TeknoFlas dari RumpiTekno (08/04/2013), simak tips Android berikut ini.

1. Akses Quick Settings:
Menggunakan dua jari untuk swipe bar notifikasi merupakan salah satu opsi mengakses Quick Settings di Android Anda. Jika Anda lupa dan menggunakan satu tangan Anda karena kebiasaan, Anda masih bisa menuju ke Quick Settings dengan cepat dengan tap bagian bawah bar notifikasi dengan jari yang lain.

2. Mengatur waktu dan tanggal: jika Anda ingin mengganti pengaturan waktu dan tanggal dengan cepat, Anda bisa tarik ke bawah bar notifikasi dan tap di jam di pojok kiri atas untuk langsung menuju settings.

3. Membuka Google Now: untuk akses Google Now dengan cepat, swipe ke atas dari bawah screen Anda dan drag jari Anda ke tombol “Google Now” dan hasilnya akan muncul. Tidak masalah dari (aplikasi) mana Anda menggesernya, shortcut tersebut akan tetap bekerja.

4. Unlocking Developer Options:
di versi 4.2 developer option tersembunyi karena aturan default-nya. Untuk unlock developer options, tap settings> About Phone dan tap opsi “build number” beberapa kali sampai Anda mendapatkan pesan yang memberitahukan bahwa Anda telah menjadi developer.

5. Unlocking Easter Egg Day Dream: Day Dream adalah fitur baru di Android Jelly Bean 4.2 , jika Anda mau Jelly Bean Easter Egg tersedia, lakukan hal ini: Masuk ke settings> About Phone dan tap beberapa kali opsi “Android Version” hingga Anda melihat big ‘ol Jelly Bean.

6. Switching Tabs: Chrome adalah default browser pada Android 4.2 dan Anda dapat switching tab dengan mudah dengan sedikit trik. Swipe dari ujung screen ponsel Anda (dari kiri atau kanan) ke ujung yang lain beralih bolak-balik antara tab yang terbuka di Chrome Anda.

7. Identify Buttons: Dengan ICS , Google mengubah system menu lama dengan action bar baru. Hal ini akan memudahkan, kecuali juka Anda tidak tahu apa fungsi dari tombol-tombol kecil pada action bar. Nah, cara untuk menghindari mencari tahu melalui trial dan error hanyalah dengan menekan tombol tak Anda kenal agak lama dan Anda akan mendapat sedikitpemberitahuan Anda apa fungsi tombol tersebut.

8. Switching Keyboards:Dengan keyboard emoji baru yang hadir di Android 4.2, anda mungkin ingin tahu bagaimana cara beralih (switching) keyboard dengan cepat. Caranya mudah. Tekan dan tahan space bar dan Anda akan mendapatkan pop up yang memungkinkan Anda memilih inputs method yang tersedia.

9. Lihat Foto Original:
Dengan Foto Editing Android Jelly Bean, Anda bisa dengan cepat melupakan bagaimana foto yang original (apalagi jika versi editan lebih baik). Daripada harus membuang-buang waktu kembali ke gallery Anda, Anda bisa swipe ke bawah ketika proses editing untuk melihat foto yang belum diedit.

10. Quick Uninstall: Jika Anda ingin uninstall sebuah aplikasi di smartphone Anda dengan cepat, Anda tidak perlu melakukannya melalui Google Play store atau masuk ke settings. Anda tinggal membuka launcher aplikasi Anda dan tekan kemudian tahan aplikasi yang Anda ingin uninstall. Setelah anda menekan dan tahan aplikasi tersebut akan muncul dua pilihan tombol di layar smartphone Anda. Untuk menghapus aplikasi, drag aplikasi ke tombol uninstall dan lepaskan.

Jika Anda belum jelas mengenai tips diatas bisa langsung praktek dan lihat video dibawah ini.


source: http://youtu.be/kSZr3mI3u8I

Semoga tips dan trik Android Jelly Bean diatas bermanfaat untuk sahabat TeknoFlas. (source)