TeknoFlas.com – Indonesia akan Mengadopsi Teknologi 4G LTE? – Beberapa negara dikabarkan telah menggunakan teknologi komunikasi generasi terbaru, 4G LTE (Long Term Evolution). Kini, Indonesia sedang berusaha untuk ikut mengadopsi teknologi ini. Siapkah Indonesia untuk mengadopsi teknologi 4G LTE?

Indonesia akan Mengadopsi Teknologi 4G LTE?

Boleh dikatakan, dewasa ini perkembangan teknologi dan komunikasi di Indonesia memiliki pertumbuhan yang cukup signifikan. Pencapaian teknologi yang tinggi, tentu akan diikuti oleh tuntutan pengguna layanan komunikasi kepada para penyedia layanan.

Dikutip TeknoFlas dari situs Liputan6.com, Senin (20/5/2013), hal tersebut diakui oleh Mark Donnelly, Marketing Director Huawei Tech Investment Indonesia sekaligus menjadi alasan mengapa teknologi ini harus sudah segera diadopsi di Negara kita.

“Teknologi ini lebih baik dari 3G dalam urusan layanan data yang sudah banyak menjadi kebutuhan oleh pengguna layanan komunikasi Indonesia,” kata Donnelly.

Donnnelly menilai infrastruktur di Indonesia telah siap dan sudah mampu membantu operator melakukan efisiensi dan penghematan biaya investasinya.

“Perangkat yang kini digunakan oleh operator komunikasi di Indonesia saat ini juga telah siap untuk LTE. Mungkin ada penambahan alat tapi tidak terlalu besar biayanya karena penambahannya tak banyak,” katanya.

Kemampuan jaringan 4G pada layanan data yang memang digadang-gadang telah menjadi yang terbaik untuk saat ini. Dengan demikian pelanggan teknologi LTE diklaim akan mampu memenuhi kebutuhan layanan data mereka yang kian tinggi.

Pemerintah Indonesia sendiri telah menetapkan bahwa layanan LTE sudah bisa digelar di frekuensi 2,3 Ghz. Frekuensi tersebut sebelumnya digunakan untuk layanan Wi-Max namun pemerintah sudah mengalokasikannya sebagai ruang teknologi netral.

Lalu muncul pertanyaan, kapan teknologi 4G LTE akan benar-benar bisa dinikmati oleh pelanggan telekomunikasi di Indonesia? Dan siapkah Indonesia untuk mengadopsi teknologi 4G LTE ini? Semoga saja!